Konsili Chalcedon
|
Tahun 451
|
Itu kaisar Marcian yang, setelah "perampok" Dewan Efesus
(449), memerintahkan dewan ini untuk bertemu. Paus Leo I menentang
itu. Pandangannya adalah bahwa semua uskup harus bertobat dari cara mereka
dan individual menandatangani surat dogmatis sebelumnya kepada Flavianus,
patriark Konstantinopel, dan menghindari putaran baru argumen dan
perdebatan. Selain itu, provinsi Barat sedang meletakkan sampah oleh
invasi Attila ini. Tapi sebelum pandangan Paus dikenal, kaisar Marcian
memiliki, oleh dekrit 17 Mei 451, convoked dewan untuk 1 September 451.
Meskipun Paus tidak senang, ia mengirim utusan: Paschasinus uskup Lilybaeum,
Uskup Lucentius, para imam Boniface dan Basil, dan Uskup Julian dari Cos. Tidak
diragukan Leo berpikir bahwa dewan akan menyebabkan orang meninggalkan gereja
dan pergi ke perpecahan. Jadi ia ingin ditunda untuk sementara waktu, dan
ia memohon kepada kaisar bahwa iman diturunkan dari zaman kuno tidak harus
menjadi subyek perdebatan. Satu-satunya bisnis harus pemulihan para uskup
diasingkan ke posisi semula.
Dewan ini convoked di Nicea tetapi kemudian dipindahkan ke
Chalcedon, sehingga menjadi dekat dengan Konstantinopel dan
kaisar. Ini dimulai pada tanggal 8 Oktober 451. The
utusan Paschasinus, Uskup Lucentius dan imam Bonifasius memimpin, sementara
Julian dari Cos duduk di antara para uskup. Di sisi mereka adalah
komisaris kekaisaran dan mereka melayani di Senat, yang bertanggung jawab hanya
untuk menjaga ketertiban dalam pembahasan dewan.
Daftar kami memiliki yang hadir tidak memuaskan. Menurut Leo
ada 600 uskup di dewan, padahal menurut surat kepadanya
ada 500.
The "Definisi iman" disahkan pada sidang kelima dewan,
dan sungguh-sungguh diumumkan pada sesi keenam di hadapan kaisar dan otoritas
kekaisaran. Rumus diterima di SK adalah: Kristus adalah satu dalam dua
kodrat. Hal ini sesuai dengan surat Leo kepada Flavianus dari
Konstantinopel, dan surat Leo secara tegas disebutkan dalam Definisi iman.
Dewan juga mengeluarkan 27 kanon disiplin (tidak jelas di mana
sesi).
Apa yang biasanya disebut kanon 28 (dari kehormatan yang akan
diberikan tahta Konstantinopel) sebenarnya resolusi yang disahkan oleh dewan
pada sesi ke-16. Ituditolak oleh utusan Romawi.
Dalam koleksi Yunani kuno, Kanon 29 dan 30 juga dikaitkan dengan
dewan:
- canon
29 adalah ekstrak dari menit dari sesi ke-19; dan
- canon
30 adalah ekstrak dari menit dari sesi 4.
- Karena
kanon 28, yang utusan Romawi telah menentang, kaisar Marcian dan
Anatolius, patriark Konstantinopel, meminta persetujuan untuk dewan dari
paus. Hal ini jelas dari surat Anatolius yang mencoba untuk membela
canon, dan terutama dari surat Markianus yang secara eksplisit meminta
konfirmasi.Karena bidat yang salah mengartikan persetujuan pemotongan,
Paus meratifikasi keputusan doktrinal pada 21 Maret 453, tapi ditolak canon
28 karena berlawanan dengan kanon Nicea dan hak istimewa dari
gereja-gereja tertentu.
Pengundangan kekaisaran
dibuat oleh Kaisar Marcian di 4 fatwa Februari 452.
Terlepas dari surat Paus
Leo kepada Flavianus, yang dalam bahasa Latin, terjemahan bahasa Inggris adalah
dari teks Yunani, karena ini adalah versi yang lebih otoritatif.
Terkejut saat kami di
kedatangan akhir surat amal Anda, kami membacanya dan memeriksa rekening apa
para uskup yang telah dilakukan. Kita sekarang melihat apa skandal
terhadap integritas iman telah mengangkat kepala di antara kamu. Apa yang
sebelumnya dirahasiakan sekarang menjadi jelas diungkapkan kepada kita. Eutyches, yang
dianggap sebagai orang terhormat karena dia memiliki gelar imam, yang terbukti
sangat ruam dan sangat bodoh.Apa nabi tersebut dapat diterapkan kepadanya: Dia
tidak ingin memahami dan melakukan yang baik: ia diplot jahat di tempat
tidurnya. Apa yang bisa lebih buruk daripada memiliki pikiran beragama dan
untuk membayar tidak mengindahkan mereka yang bijaksana dan lebih
belajar? Orang-orang yang jatuh ke dalam kebodohan ini adalah mereka yang
pengetahuan tentang kebenaran diblokir oleh semacam keremangan. Mereka
tidak mengacu
§ perkataan para nabi, atau
untuk
§ surat-surat para rasul,
atau bahkan untuk
§ kata-kata otoritatif Injil,
tapi untuk diri mereka
sendiri. Dengan tidak murid kebenaran, mereka berubah menjadi master of
error. Seorang pria yang tidak memiliki pemahaman yang paling dasar bahkan
dari kredo itu sendiri dapat belajar apa-apa dari teks-teks suci Baru dan
Perjanjian Lama. Orang tua ini belum dibawa ke jantung apa yang diucapkan
oleh setiap calon baptis di seluruh dunia!
Dia tidak tahu bagaimana
ia harus berpikir tentang inkarnasi dari Firman Allah;dan ia tidak
punya keinginan untuk memperoleh cahaya dari pemahaman dengan bekerja melalui
panjang dan luasnya kitab-kitab suci. Jadi setidaknya dia harus
mendengarkan dengan hati-hati dan menerima keyakinan umum dan
tak terbagi dimana seluruh tubuh mengaku beriman bahwa mereka percaya
4.
Allah Bapa yang Mahakuasa dan di
5. Yesus Kristus-Nya yang
tunggal, Tuhan kita,
6. yang lahir dari Roh Kudus
dan perawan Maria.
Ketiga pernyataan
menghancurkan trik dari hampir setiap bid'ah. Ketika Allah diyakini baik
Mahakuasa dan Bapa, Putra jelas terbukti menjadi co-kekal dengan dia, sama
sekali tidak berbeda dari Bapa, sejak ia lahir Allah dari Allah, Mahakuasa dari
Yang Mahakuasa, co-kekal dari kekal, tidak kemudian dalam waktu, tidak lebih
rendah dalam kekuasaan, tidak seperti dalam kemuliaan, tidak berbeda dalam
menjadi. Kekal, Tunggal sama demi bapak abadi lahir dari Roh Kudus dan
perawan Maria. Kelahirannya dalam waktu sekali tidak mengurangi dari atau
menambah bahwa kelahiran ilahi dan kekal nya, tetapi seluruh tujuannya
adalah untuk mengembalikan umat manusia, yang telah ditipu, sehingga mungkin
mengalahkan kematian dan, dengan kekuatannya, menghancurkan iblis yang memegang
kuasa maut. Mengatasi pencetus dosa dan kematian akan melampaui kita,
tidak dia yang dosa tidak bisa menajiskan, juga tidak bisa mati tahan, diambil
sifat kita dan membuatnya sendiri. Dia dikandung dari Roh Kudus di dalam
rahim ibu perawan. Keperawanannya adalah sebagai tersentuh di
memberinya lahir seperti itu dalam hamil dirinya.
Tetapi jika itu di luar
Eutyches untuk mendapatkan pemahaman suara dari ini,sumber paling murni dari
iman Kristen, karena kecerahan kebenaran nyata telah digelapkan oleh
kebutaan aneh sendiri, maka ia harus tunduk dirinya pada ajaran
Injil. Ketika Matius mengatakan, Kitab generasi Yesus Kristus, anak Daud,
anak Abraham, Eutyches harus mendongak pengembangan lebih
lanjut dalam pemberitaan rasuli. Ketika dia membaca di surat ke Roma,
Paulus, hamba Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul dan dikuduskan untuk
Injil Allah, yang telah sebelumnya berjanji melalui nabi-Nya dalam tulisan suci
yang mengacu pada Anak-Nya, yang dibuat untuknya benih Daud menurut daging, ia
harus membayar perhatian yang mendalam dan taat terhadap teks-teks
kenabian. Dan ketika ia menemukan Tuhan membuat janji kepada Abraham bahwa
dalam benih Anda harus semua bangsa akan diberkati, ia harus mengikuti rasul,
dalam rangka untuk menghilangkan keraguan tentang identitas benih ini, ketika
ia mengatakan, janji-janji yang diucapkan Abraham dan keturunannya. Dia
tidak mengatakan "untuk benih nya" - seakan merujuk banyaknya - tapi
untuk satu pun, "dan untuk keturunanmu" yaitu Kristus. Telinga
batinnya juga harus mendengar Yesaya memberitakan Sesungguhnya, seorang
perawan akan menerima dalam rahim dan akan melahirkan seorang anak laki, dan
mereka akan menamakan Dia Imanuel, yang diterjemahkan "Allah beserta
kita". Dengan iman ia harus membaca kata-kata nabi yang sama ini,
Seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk
kita. kekuasaannya di pundaknya. Mereka akan memanggil nama-Nya
"Malaikat nasihat besar, kuat Allah, pangeran perdamaian, ayah dari dunia
yang akan datang". Maka ia tidak akan menipu orang dengan mengatakan
bahwa Firman itu telah menjadi manusia dalam arti bahwa ia muncul dari rahim
perawan memiliki bentuk manusia tetapi tidak memiliki realitas tubuh
ibunya.
Atau itu mungkin bahwa ia
berpikir bahwa Tuhan kita Yesus Kristus tidak memiliki sifat kami karena malaikat
yang dikirim ke Mary diberkati mengatakan, Roh Kudus akan turun atasmu dan
kuasa paling tinggi akan menaungi engkau, dan sehingga yang akan lahir suci
dari Anda akan disebut Anak Allah, seperti apakah itu karena konsepsi oleh
perawan itu bekerja oleh Allah bahwa daging yang dikandung tidak berbagi sifat
yang melahirkan itu? Tapi unik menakjubkan dan keajaiban yang unik bahwa
tindakan dari generasi itu, tidak harus dipahami seolah-olah karakter yang
tepat dari jenisnya dibawa pergi oleh kebaruan semata penciptaannya. Itu
adalah Roh Kudus yang membuat perawan hamil, tapi realitastubuh
yang berasal dari tubuh. Sebagai Kebijaksanaan membangun rumah untuk
dirinya sendiri, Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita:
yaitu, di dalam daging yang ia berasal dari jenis manusia dan yang ia animasi
dengan semangat hidup yang rasional.
Jadi karakter yang
tepat dari kedua kodrat dipertahankan dan datang bersama-sama dalam satu orang. .
Kerendahan diambil oleh keagungan, kelemahan oleh kekuatan, angka kematian oleh
keabadian Untuk melunasi utang dari negara kita, alam kebal
bersatu dengan alam yang bisa menderita; sehingga dengan cara yang
berhubungan dengan obat yang kami butuhkan, satu dan mediator yang sama antara
Allah dan manusia yaitu manusia Kristus Yesus, bisa baik di satu sisi mati dan
di sisi lain tidak mampu kematian. Demikian Allah yang benar lahir di alam
berkurang dan sempurna seorang pria sejati, lengkap dalam apa dan lengkap dalam
apa yang kita. Dengan "kita" yang kami maksud apa Sang Pencipta
didirikan pada kita dari awal dan apa yang ia mengambil pada dirinya untuk
mengembalikan. Ada di Juruselamat tidak ada jejak dari hal-hal yang
tersingkap membawa kepada kita, dan yang ditipu manusia memberi masuk. Tunduk
Nya kelemahan manusia yang sama dengan kita tidak berarti bahwa ia berbagi
dosa-dosa kita. Dia mengambil rupa seorang hamba tanpa kekotoran dosa,
sehingga meningkatkan manusia dan tidak mengurangi ilahi.Untuk itu pengosongan
diri dimana Terlihat diberikan dirinya terlihat, dan Sang Pencipta dan Tuhan
segala sesuatu memilih untuk bergabung dengan barisan manusia, dieja ada
kegagalan daya: itu adalah tindakan mendukung penuh belas kasihan. Jadi
orang yang mempertahankan bentuk Allah ketika ia membuat manusia, menjadi
manusia dalam rupa seorang hamba. Setiap alam terus karakter yang tepat
tanpa kehilangan; dan hanya sebagai bentuk Allah tidak mengambil rupa
seorang hamba, sehingga bentuk seorang hamba tidak mengurangi bentuk Allah.
Itu bermegah iblis bahwa
manusia telah tertipu oleh tipu daya dan telah kehilangan hadiah yang
diberikan Tuhan itu; dan bahwa itu telah dilucuti dari endowment keabadian
dan begitu tunduk pada hukuman yang keras dari kematian. Dia juga sesumbar
bahwa, tenggelam karena ia dalam kejahatan, ia sendiri berasal penghiburan dari
memiliki mitra dalam kejahatan; dan bahwa Allah telah dipaksa oleh prinsip
keadilan untuk mengubah putusan pada manusia, yang telah dibuat dalam keadaan
terhormat tersebut. Semua ini disebut untuk realisasi rencana rahasia
dimana diubah Allah, yang akan tidak dapat dibedakan dari
kebaikan-Nya, mungkin membawa realisasi asli kebaikannya terhadap kita sampai
selesai dengan cara misteri yang lebih tersembunyi, dan dimana umat manusia,
yang telah dipimpin ke dalam keadaan dosa oleh kelicikan iblis, mungkin dicegah
dari binasa bertentangan dengan tujuan Allah.
Jadi tanpa meninggalkan
kemuliaan Bapa-Nya belakang, Anak Allah turun dari tahta surgawi dan memasuki
kedalaman dunia kita, lahir dalam rangka belum pernah terjadi sebelumnya oleh
jenis belum pernah terjadi sebelumnya lahir.Dalam rangka belum pernah terjadi
sebelumnya, karena orang yang tak terlihat di tingkat sendiri dibuat terlihat
pada kita. The menghendaki ungraspable untuk digenggam. Sementara
sisa pra-ada, ia mulai eksis dalam waktu. Tuhan alam semesta terselubung
keagungan terukur dan mengambil bentuk seorang hamba.Allah yang tidak mengenal
penderitaan tidak membenci menjadi manusia penderitaan, dan, abadi seperti dia,
menjadi tunduk pada hukum kematian. Oleh jenis belum pernah terjadi sebelumnya
lahir, karena itu keperawanan diganggu gugat yang memasok daging materi tanpa
mengalami gairah seksual. Apa yang diambil dari ibu Tuhan
adalah alam tanpa rasa bersalah. Dan fakta bahwa kelahiran
ajaib tidak berarti bahwa dalam Tuhan Yesus Kristus, lahir dari rahim perawan
ini, alam berbeda dari kita. Sama satu adalah Allah sejati dan manusia
sejati.
Tidak ada yang nyata
tentang kesatuan ini, karena kedua kerendahan manusia dan keagungan ketuhanan
berada dalam hubungan saling. Sebagaimana Allah tidak berubah dengan
menunjukkan belas kasihan, tidak adalah manusia dimakan oleh martabat
diterima. Aktivitas setiap form adalah apa yang tepat untuk itu dalam
persekutuan dengan yang lain: yaitu, Firman melakukan apa yang menjadi milik
Firman, dan daging menyelesaikan apa yang menjadi milik daging. Salah satu
berkinerja ini mukjizat brilian yang lain menopang
tindak kekerasan. Sebagai Firman tidak kehilangan kemuliaan
yang sama dengan Bapa, sehingga juga tidak daging meninggalkan sifat dari
jenisnya di belakang. Kita harus mengatakan ini lagi dan lagi: satu
dan sama benar-benar Anak Allah dan benar-benar anak manusia. Tuhan,
oleh fakta bahwa pada mulanya adalah Firman, dan Firman itu bersama Allah, dan
Firman itu adalah Allah; manusia, oleh kenyataan bahwa Firman itu telah
menjadi manusia dan tinggal di antara kita. Tuhan, oleh kenyataan bahwa
segala sesuatu dijadikan oleh Dia, dan tidak dibuat tanpa dia,manusia, oleh
kenyataan bahwa ia terbuat dari seorang wanita, dibuat di bawah hukum. Kelahiran
daging mengungkapkan sifat manusia; lahir dari perawan adalah bukti
kekuatan ilahi. Sebuah cradle rendah memanifestasikan bayi anak;suara
malaikat 'mengumumkan kebesaran yang paling tinggi. Herodes evilly
berusaha untuk membunuh orang yang seperti manusia pada tahap awal orang Majus
bersukacita untuk memuja satu berlutut yang adalah Tuhan dari semua.Dan ketika
ia datang untuk dibaptis oleh prekursor John, suara Bapa berbicara guntur dari
langit, untuk memastikan bahwa ia tidak luput dari perhatian karena keilahian
itu disembunyikan oleh selubung daging: Inilah Anak-Ku yang Kukasihi,
kepada-Nyalah Aku senang. Dengan demikian, satu sama siapa setan licik
menggoda sebagai manusia, para malaikat patuh menunggu sebagai Tuhan.Lapar,
haus, kelelahan, tidur yang terang-terangan manusia. Tapi untuk memenuhi
lima ribu orang dengan lima roti; untuk membuang air hidup perempuan
Samaria, minum yang akan menghentikan dia menjadi haus lagi;berjalan di atas
permukaan laut dengan kaki yang tidak tenggelam; menegur badai dan tingkat
gelombang pemasangan; tidak ada keraguan ini ilahi.
Jadi, jika saya bisa
melewati banyak hal, itu bukan milik sifat yang sama untuk menangis karena
kasihan yang mendalam-merasa untuk seorang teman mati, dan untuk memanggilnya
kembali ke kehidupan lagi di perintah, setelah gundukan telah dihapus dari
makam empat dayold; atau untuk menggantung di kayu salib dan, dengan hari
berubah menjadi malam, untuk membuat elemen gemetar; atau untuk ditembus
oleh paku dan membuka gerbang surga bagi pencuri percaya.Demikian juga, itu
tidak termasuk dengan sifat yang sama mengatakan saya dan Bapa adalah satu, dan
mengatakan Bapa lebih besar daripada I. Karena meskipun ada di dalam Tuhan
Yesus Kristus satu orang yang Allah dan manusia, penghinaan bersama oleh
keduanya memiliki sumber mereka dalam satu hal, dan kemuliaan yang dibagi dalam
lain. Karena dari kami bahwa ia mendapat kemanusiaan yang kurang dari
Bapa; itu adalah dari Bapa bahwa ia mendapat ketuhanan yang sama dengan
Bapa.
Jadi itu adalah karena
kesatuan ini orang, yang harus dipahami dalam kedua kodrat, bahwa kami berdua
membaca bahwa anak manusia turun dari surga, ketika Anak Allah mengambil daging
dari perawan dari siapa ia dilahirkan, dan lagi bahwa Anak Allah dikatakan
telah disalibkan dan dikuburkan, karena ia menderita hal-hal ini tidak di
keilahian itu sendiri dimana tunggal adalah co-kekal dan sehakikat dengan Bapa,
tetapi dalam kelemahan sifat manusia. Itulah sebabnya dalam syahadat,
juga, kita semua mengakui bahwa satu-satunya Anak Tunggal Allah disalibkan dan
dikuburkan, mengikuti apa kata rasul, Jika mereka tahu, mereka tidak akan
pernah disalibkan Tuhan keagungan. Dan ketika Tuhan dan Juruselamat kita
sendiri mempertanyakan murid-Nya dan memerintahkan iman mereka, katanya, orang,
siapakah 1, anak manusia, am? Dan ketika mereka telah ditampilkan berbagai
pendapat orang lain, katanya, siapakah Aku ini? --Di kata lain, Akulah
yang anak manusia dan siapa Anda sesungguhnya dalam rupa seorang hamba dan
dalam daging nyata: Siapa yang Anda katakan saya? Dimana Petrus berbahagia,
diilhami oleh Allah dan membuat pengakuan yang akan menguntungkan semua orang
di masa depan, mengatakan, Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang
hidup. Dia benar-benar pantas untuk dinyatakan "diberkati" oleh
Tuhan. Dia berasal stabilitas baik kebaikan dan namanya dari Rock asli,
ketika Bapa mengungkapkan hal itu kepadanya, ia mengaku bahwa satu sama adalah
Anak Allah dan juga Kristus. Menerima salah satu kebenaran ini tanpa
yang lain tidak ada bantuan untuk keselamatan; dan percaya bahwa
Tuhan Yesus Kristus adalah baik hanya Allah dan bukan manusia, atau semata-mata
manusia dan bukan Tuhan, sama-sama berbahaya.
Setelah kebangkitan Tuhan -
yang tentu saja kebangkitan tubuh nyata, karena yang dibawa
kembali ke kehidupan tidak lain adalah orang yang telah disalibkan dan telah
meninggal - seluruh titik penundaan empat puluh hari adalah untuk membuat iman
kita benar-benar terdengar dan menyucikan itu semua kegelapan.Oleh karena itu
ia berbicara kepada murid-murid-Nya dan hidup dan makan dengan mereka, dan membiarkan
dirinya disentuh dengan penuh perhatian dan hati-hati oleh mereka yang berada
dalam cengkeraman keraguan; ia akan pergi di antara murid-muridnya ketika
pintu terkunci, dan memberikan Roh Kudus dengan bernapas pada mereka, dan
membuka rahasia kitab suci setelah mencerahkan pemahaman mereka; lagi, ia
akan menunjukkan luka di sisinya, lubang yang dibuat oleh kuku, dan semua
tanda-tanda penderitaan dia baru-baru ini mengalami, mengatakan, Lihatlah
tangan dan kaki saya - itu adalah I. Rasakan dan lihat, karena hantu tidak ada
daging dan tulangnya, seperti yang Anda lihat yang saya miliki. Semua ini
sehingga akan diakui bahwa karakter yang tepat dari ilahi dan sifat manusia
pergi ada yang tak terpisahkan dalam dirinya; dan sehingga kita akan menyadari
bahwa Firman tidak hal yang sama seperti daging, tetapi sedemikian rupa bahwa
kita akan mengakui kepercayaan di salah satu Anak Allah sebagai baik Word dan
daging.
Eutyches ini harus dinilai
menjadi sangat miskin misteri ini dari iman. Baik kerendahan hati dari
kehidupan fana maupun kemuliaan kebangkitan telah membuatnya mengenali sifat
kita di Tunggal Allah. Atau memiliki bahkan pernyataan rasul diberkati dan
penginjil John menimbulkan ketakutan dalamdirinya. Setiap roh yang
mengaku, bahwa Yesus Kristus datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan
setiap roh yang menempatkan Yesus terbelah tidak berasal dari Allah, dan ini
adalah Antikristus Tapi apa menempatkan Yesus sebagai di bawah
terdiri dalam jika tidak memisahkan sifat manusia dari dia, dan di membatalkan,
melalui fiksi paling yg tak tahu malu, satu misteri yang kita telah
diselamatkan? Setelah dalam kegelapan tentang sifat tubuh Kristus, maka
bahwa kebutaan yang sama membawa dia ke mengoceh kebodohannya tentang
penderitaannya juga. Jika dia tidak berpikir bahwa salib Tuhan adalah
nyata dan jika ia tidak memiliki keraguan bahwa penderitaan menjalani untuk
keselamatan dunia nyata, maka ia harus sadar daging yang yang kematiannya ia
percaya. Dan biarkan dia tidak menyangkal bahwa laki-laki yang dia tahu telah
dikenakan untuk penderitaan memiliki jenis kami tubuh, untuk menyangkal
realitas daging juga menyangkal penderitaan tubuh. Jadi jika ia menerima
iman Kristen dan tidak menutup telinga terhadap pemberitaan Injil, biarkan dia
mempertimbangkan apa alam itu yang digantung, ditusuk dengan paku di atas kayu
salib. Dengan sisi yang disalibkan diungkapkan oleh tombak prajurit,
biarkan dia mengidentifikasi sumber dari mana darah dan air mengalir, untuk
mandi jemaat Allah dengan baik font dan cangkir.
Biarkan dia mengindahkan
apa yang diberkati Rasul Petrus mengajarkan, bahwa pengudusan oleh Roh
dipengaruhi oleh percikan darah Kristus; dan biarkan dia tidak melewatkan
kata-kata rasul yang sama, mengetahui bahwa Anda telah ditebus dari cara
hidupmu yang Anda warisi dari nenek moyangmu, tidak dengan emas yang fana dan
perak tetapi oleh darah Yesus Kristus, sebagai anak domba yang tak noda atau
spot. Juga harus ia menahan kesaksian diberkati Rasul Yohanes: dan darah
Yesus, Anak Allah, menyucikan kita dari segala dosa; dan sekali lagi, ini
adalah kemenangan yang mengalahkan dunia, iman kita. Yang ada yang
mengalahkan dunia kecuali satu yang percaya bahwa Yesus adalah Anak
Allah? Hal ini dia, Yesus Kristus yang telah datang melalui air dan darah,
tidak dalam air, tetapi dengan air dan darah. Dan karena Roh adalah
kebenaran, itu adalah Roh yang memberi kesaksian. Sebab ada tiga yang
memberi kesaksian - Roh dan air dan darah. Dan ketiganya adalah
satu. Dengan kata lain, Roh pengudusan dan darah penebusan dan air
baptisan. ketiganya adalah satu dan tetap terpisahkan. Tak satu pun
dari mereka adalah dipisahkan dari link-nya dengan orang lain. Alasannya adalah bahwa dengan
iman ini bahwa kehidupan gereja Katolik dan tumbuh, dengan percaya
bahwa baik manusia adalah tanpa keilahian benar atau keilahian tanpa
kemanusiaan yang sejati.
Ketika Anda lintas
diperiksa Eutyches dan dia menjawab, "Saya mengakui bahwa Tuhan kita
adalah dari dua kodrat sebelum serikat, tapi saya akui salah satu alam setelah
serikat", saya kagum bahwa deklarasi tersebut tidak masuk akal dan korup
iman tidak sangat parah dikecam oleh hakim; dan bahwa pernyataan yang
sangat bodoh itu diabaikan, seolah-olah tidak apa ofensif telah
didengar. Hal itu sama jahat untuk mengatakan bahwa satu-satunya Anak
Tunggal Allah dari dua kodrat sebelum inkarnasi karena keji untuk mengklaim
bahwa ada sifat tunggal dalam dirinya setelah Firman itu telah menjadi manusia. Eutyches
tidak mengira, bahwa apa yang dikatakannya itu baik benar atau ditoleransi
hanya karena tidak ada pernyataan yang jelas dari Anda membantah hal
itu. Jadi kami ingatkan, saudara tercinta, tanggung jawab amal
Anda untuk memastikan bahwa jika melalui ilham belas kasihan Allah
kasus ini pernah menetap, ruam dan bodoh sesama juga dibersihkan dari apa yang
blighting pikirannya. Sebagai menit telah membuat jelas, ia membuat awal
yang baik di meninggalkan pendapatnya ketika, di bawah tekanan dari pernyataan
Anda, dia mengaku untuk mengatakan apa yang ia tidak mengatakan sebelumnya, dan
menemukan kepuasan dalam iman yang ia sebelumnya telah asing . Tapi ketika
ia menolak untuk menjadi pihak yang anathematising doktrin jahat, persaudaraan
Anda akan menyadari bahwa ia bertahan dalam keyakinan palsu dan bahwa ia pantas
vonis hukuman. Jika dia jujur dan sesuai menyesal tentang
hal ini, dan mengakui bahkan pada tahap akhir ini bagaimana benar otoritas
uskup itu menggerakkan, atau jika, untuk membuat penuh kesalahan, ia mengutuk
setiap pikiran yang salah dia dari mulut ke mulut dan dengan tanda tangan yang
sebenarnya , maka tidak ada jumlah belas kasihan terhadap orang yang telah
direformasi adalah berlebihan. Tuhan kita, yang benar dan baik gembala yang
menyerahkan nyawa-Nya bagi domba-dombanya, dan yang datang bukan untuk
menghancurkan tapi untuk menyelamatkan jiwa-jiwa dari pria dan wanita, ingin
kita menjadi penurut kebaikan-Nya, sehingga sementara keadilan merepresi
berdosa, rahmat tidak menolak dikonversi.Pertahanan iman yang benar tidak
pernah begitu produktif seperti ketika opini palsu dikutuk bahkan oleh
penganutnya.
Di tempat diri, kami telah
mengatur untuk saudara-saudara kita, Uskup Julius dan imam Renatus gereja St
Clement, dan juga anak saya, diakon Hilary, untuk memastikan kesimpulan yang
baik dan setia pada seluruh kasus. Untuk perusahaan mereka kami telah
menambahkan Dulcitius notaris kami, terbukti loyalitas kepada kami. Kami
percaya bahwa dengan bantuan Allah dia yang telah jatuh ke dalam kesalahan
mungkin mengutuk kejahatan pikirannya sendiri dan menemukan keselamatan.
Tuhan membuat Anda aman,
kakak tersayang.
Suci dan besar dan
universal sinode oleh kasih karunia Allah dan dengan Keputusan kaisar yang
paling religius dan Kristus yang mencintai Anda Valentinian Augustus dan
Markianus Augustus dirakit di Chalcedon, metropolis dari provinsi Bitinia, di
kuil yang suci dan martir kemenangan Euphemia, masalah dekrit berikut.
Dalam membangun
murid-muridnya dalam pengetahuan iman, Tuhan dan Juruselamat kita Kristus
berkata: "Damai sejahtera Kutinggalkan Anda, kedamaian saya saya serahkan
kepada Anda" ', sehingga tidak ada yang harus setuju dengan
tetangganya mengenai doktrin agama tapi itu proklamasi kebenaran akan
seragam disajikan. Tapi si jahat tidak pernah berhenti berusaha untuk
memadamkan benih agama dengan lalang sendiri dan untuk selama-lamanya
menciptakan beberapa hal baru atau lainnya terhadap kebenaran;sehingga Guru,
berolahraga perawatan biasa bagi umat manusia, membangkitkan Kaisar agama dan
paling setia ini untuk tindakan bersemangat, dan dipanggil ke dirinya pemimpin
imamat dari mana-mana, sehingga melalui kerja kasih karunia Kristus, master
kita semua, setiap kepalsuan merugikan mungkin staved dari domba Kristus dan mereka
mungkin akan digemukkan di pertumbuhan segar kebenaran.
Ini sebenarnya apa yang
telah kita lakukan. Kami telah didorong off doktrin yang keliru oleh
resolusi kolektif kami dan kami telah memperbaharui keyakinan tepat dari
ayah. Kami telah menyatakan kepada semua kredo 318; dan kami telah
membuat kami sendiri orang-orang ayah yang diterima ini pernyataan setuju dari
agama - 150 yang kemudian bertemu di Konstantinopel besar dan diri mereka
sendiri mengatur segel mereka untuk kredo yang sama.
Oleh karena itu, sementara
kami juga berdiri
§ keputusan dan semua rumus
yang berkaitan dengan akidah dari sinode suci yang berlangsung sebelumnya
di Efesus,
§ pemimpin yang memori yang
paling suci adalah Celestine Roma dan Cyril dari Alexandria
kami Keputusan yang
o keunggulan milik eksposisi
hak dan keyakinan bersih dari 318 ayah suci dan diberkati yang berkumpul
di Nicaea ketika Constantine memori saleh adalah kaisar: dan
bahwa
o mereka dekrit juga tetap
berlaku yang diterbitkan di Konstantinopel oleh 150 ayah suci
untuk menghancurkan ajaran sesat kemudian marak dan mengkonfirmasi keyakinan
katolik dan apostolik yang sama.
§ Kredo dari 318 ayah di
Nicea.
§ Dan hal yang sama dari 150
ayah suci berkumpul di Konstantinopel.
Kredo ini bijaksana dan
hemat, karunia rahmat ilahi, itu cukup untuk pemahaman yang sempurna
dan pembentukan agama. Untuk pengajaran tentang Bapa dan Anak dan Roh
Kudus selesai, dan menetapkan menjadi manusia Tuhan kepada mereka yang setia
menerimanya.
Tapi ada orang-orang yang
mencoba untuk merusak proklamasi kebenaran, dan melalui ajaran sesat pribadi
mereka mereka telah melahirkan formula baru:
§ beberapa dengan berani
korup misteri perekonomian Tuhan atas nama kami, dan menolak untuk menerapkan
kata "Allah-pembawa" ke Virgin; dan
§ orang lain dengan
memperkenalkan kebingungan dan campuran, dan tanpa berpikir membayangkan bahwa ada sifat
tunggal daging dan keilahian, dan fantastis mengandaikan bahwa
dalam kebingungan sifat ilahi Tunggal passible.
Oleh karena itu Konsili
suci dan besar dan universal ini, sekarang di sesi, dalam keinginan
untuk mengecualikan semua trik mereka terhadap kebenaran, dan mengajar apa yang
telah tergoyahkan di proklamasi dari awal,
§ Keputusan bahwa kredo dari 318
ayah adalah, di atas segalanya, tetap terhormat. Dan karena orang-orang
yang menentang Roh Kudus, itu
§ meratifikasi ajaran tentang
keberadaan Roh Kudus diturunkan oleh 150 ayah suci yang bertemu beberapa waktu
kemudian di kota kekaisaran
§ - Ajaran mereka diketahui
oleh semua,
§ tidak memperkenalkan sesuatu yang ditinggalkan oleh
pendahulu mereka, tetapi mengklarifikasi ide-ide mereka
tentang Roh Kudus dengan menggunakan kesaksian kitab suci terhadap mereka yang
berusaha untuk membunuh dengan kedaulatan-Nya.
Dan karena mereka yang
berusaha untuk merusak misteri ekonomi dan tanpa malu-malu dan bodoh menyatakan
bahwa ia yang lahir dari perawan suci Maria adalah manusia biasa, telah
diterima
huruf synodical dari Cyril
diberkati, [sudah diterima oleh Konsili Efesus]
pendeta dari gereja di
Alexandria, untuk Nestorius dan ke Oriental, sebagai yang cocok untuk
menyangkal kebodohan marah Nestorius dan untuk menyediakan interpretasi bagi
mereka yang dalam semangat keagamaan mereka mungkin keinginan pemahaman tentang
keyakinan tabungan.
surat primata dari terbesar
dan tua Roma,
paling diberkati dan paling
suci Uskup Agung Leo, yang ditulis dengan suci Uskup Agung Flavianus
untuk meletakkan Eutyches ini jahat-pikiran, karena dalam perjanjian dengan
pengakuan besar Petrus dan merupakan dukungan kami memiliki kesamaan.
Hal ini bertentangan dengan
orang-orang yang mencoba untuk mengobrak-abrik misteri ekonomi menjadi dualitas
anak; dan
§ itu mengusir dari
perakitan para imam mereka yang berani mengatakan bahwa keilahian Tunggal
passible, dan
§ berdiri menentang mereka yang
membayangkan campuran atau kebingungan antara dua kodrat Kristus; dan
§ itu mengusir orang-orang
yang memiliki ide gila bahwa hamba-bentuk ia mengambil dari kami adalah dari
surgawi atau beberapa jenis lain dari makhluk; dan
§ itu anathematises mereka
yang menyusun dua kodrat Tuhan sebelum serikat tapi bayangkan satu pun setelah
serikat.
Jadi, setelah ayah
suci, kita semua dengan satu suara mengajarkan pengakuan satu dan Anak
yang sama, Tuhan kita Yesus Kristus: sempurna yang sama di keilahian dan
sempurna dalam kemanusiaan, benar-benar Allah yang sama dan benar-benar
manusia, dari jiwa rasional dan sebuah tubuh; sehakikat dengan Bapa dalam
hal keilahian-Nya, dan sehakikat sama dengan kami dalam hal
kemanusiaannya; seperti kita dalam segala hal kecuali
dosa; diperanakkan sebelum usia dari Bapa dalam hal keilahian-Nya, dan di
hari-hari terakhir yang sama bagi kita dan bagi keselamatan kita dari Maria,
perawan Allah pembawa sehubungan kemanusiaannya; satu dan sama Kristus,
Anak, Tuhan, Tunggal, diakui dalam dua kodrat yang mengalami tidak ada
kebingungan, tidak ada perubahan, ada pembagian, ada pemisahan; tanpa titik
perbedaan antara sifat diambil melalui serikat, melainkan milik kedua sifat
yang diawetkan dan datang bersama-sama ke satu orang dan makhluk subsisten
tunggal; ia tidak berpisah atau terbagi menjadi dua orang, tetapi satu dan
Anak Tunggal yang sama, Tuhan, Firman, Tuhan Yesus Kristus, seperti para nabi
mengajarkan dari awal tentang dia, dan sebagai Tuhan Yesus Kristus sendiri
memerintahkan kita, dan sebagai kredo ayah menyerahkannya kepada kita.
Karena kita telah
dirumuskan hal-hal ini dengan semua akurasi mungkin dan perhatian, sinode suci
dan universal memutuskan bahwa tidak ada yang diizinkan untuk
memproduksi, atau bahkan menuliskan atau menulis, apapun keyakinan lain atau
berpikir atau mengajar sebaliknya. Adapun orang-orang yang berani baik
untuk menulis kredo lain atau bahkan untuk menyebarluaskan atau mengajar atau
menjatuhkan keyakinan lain bagi mereka yang ingin mengkonversi ke pengakuan
kebenaran dari Hellenisme atau dari Yudaisme, atau dari segala bid'ah sama
sekali: jika mereka menjadi uskup atau ulama, para uskup harus digulingkan dari
keuskupan dan para ulama dari para ulama; jika mereka menjadi biarawan
atau layfolk, mereka harus anathematised.
1
Kami telah dianggap benar
bahwa kanon sampai saat dikeluarkan oleh ayah suci pada setiap sinode harus
tetap berlaku.
2
Jika ada uskup melakukan
pentahbisan untuk uang dan menempatkan anugerah tidak dapat dijual dijual, dan
menahbiskan untuk uang uskup, sebuah chorepiscopus, presbiter atau diakon atau
lain dari yang bernomor antara ulama;atau menunjuk seorang manajer, seorang
petugas hukum atau sipir untuk uang, atau rohaniwan lain sama sekali untuk
keuntungan kotor pribadi; menuntunnya yang telah berusaha ini dan telah
dihukum berdiri untuk kehilangan peringkat pribadinya; dan membiarkan
orang ditahbiskan keuntungan apa-apa dari pentahbisan atau janji dia telah
membeli; tapi biarkan dia dikeluarkan dari martabat atau tanggung jawab
yang ia punya untuk uang. Dan jika ada yang tampaknya telah bertindak
bahkan sebagai perantara dalam transaksi tercela dan melanggar hukum seperti,
biarkan dia juga, jika ia seorang ulama, diturunkan dari peringkat pribadinya,
dan jika dia adalah orang awam atau seorang bhikkhu, biarkan dia akan
anathematised.
3
Ia telah datang ke
pemberitahuan dari sinode suci bahwa beberapa dari mereka yang terdaftar dalam
ulama yang, untuk keuntungan kotor, bertindak sebagai manajer mempekerjakan
properti orang lain, dan melibatkan diri dalam bisnis duniawi, mengabaikan
pelayanan Allah, mengunjungi rumah-rumah orang duniawi dan mengambil alih
penanganan properti dari ketamakan. Jadi sinode suci dan besar telah
memutuskan bahwa di masa depan tidak ada, apakah seorang uskup, ulama atau
seorang bhikkhu, harus baik mengelola properti atau melibatkan dirinya sebagai
administrator bisnis duniawi, kecuali dia secara hukum dan mau tidak mau
dipanggil untuk mengurus anak di bawah umur , atau uskup setempat menunjuk dia
untuk hadir, dari takut akan Tuhan, untuk bisnis gerejawi atau untuk anak yatim
dan janda unprovided dan orang-orang dengan kebutuhan khusus dari dukungan
gerejawi. Jika di masa depan siapa pun mencoba untuk melanggar keputusan
ini, ia harus dikenakan hukuman gerejawi.
4
Mereka yang benar-benar dan
sungguh-sungguh menjalani kehidupan monastik harus diberikan
pengakuan. Tapi karena ada beberapa yang don kebiasaan monastik dan
mencampuri dengan gereja-gereja dan dalam hal sipil, dan beredar tanpa pandang
bulu di kota-kota dan bahkan yang terlibat dalam mendirikan biara untuk diri
mereka sendiri, telah memutuskan bahwa tidak ada yang membangun atau menemukan
sebuah biara atau pidato di mana saja melawan kehendak uskup setempat; dan
bahwa biksu dari masing-masing kota dan daerah yang menjadi subyek uskup,
adalah untuk mendorong damai dan tenang, dan menghadiri semata-mata untuk puasa
dan doa, tetap terpisah di tempat mereka.Mereka tidak meninggalkan biara-biara
mereka sendiri dan mengganggu, atau mengambil bagian, dalam bisnis gerejawi
atau sekuler kecuali mereka mungkin ditugaskan untuk melakukannya oleh uskup
setempat karena beberapa kebutuhan mendesak. Tidak ada budak harus dibawa
ke biara-biara untuk menjadi biarawan melawan kehendak tuannya
sendiri. Kami telah menetapkan bahwa siapa pun yang melanggar keputusan
ini kita harus dikucilkan, jangan sampai nama Allah dihujat. Namun, untuk
uskup setempat untuk melaksanakan perawatan dan perhatian yang perlu
biara-biara.
5
Dalam hal uskup atau ulama
yang pindah dari kota ke kota, telah memutuskan bahwa kanon yang dikeluarkan
oleh ayah suci mengenai mereka harus mempertahankan gaya yang tepat.
6
tidak ada, apakah pendeta
atau diakon atau siapa pun sama sekali yang milik urutan gerejawi, adalah untuk
ditahbiskan tanpa gelar, kecuali satu ditahbiskan secara khusus ditugaskan
untuk sebuah gereja kota atau desa atau ke kuil seorang martir atau biara. Sinode
suci telah menyatakan bahwa pentahbisan mereka ditahbiskan tanpa gelar adalah
nol, dan bahwa mereka tidak dapat beroperasi di mana saja, karena praduga orang
yang ditahbiskan mereka.
7
Kami keputusan bahwa mereka
yang telah pernah bergabung dengan jajaran ulama atau telah menjadi biarawan
tidak berangkat dari dinas militer atau untuk kantor sekuler. Mereka yang
berani melakukan hal ini, dan tidak bertobat dan kembali kepada apa, Tuhan,
mereka sebelumnya memilih, harus anathematised.
8
Ulama yang bertugas
Almshouses dan biara-biara dan kuil martir 'yang, sesuai dengan tradisi nenek
moyang suci, tetap berada di bawah yurisdiksi uskup di masing-masing
kota. Mereka tidak menjadi degil dan memberontak terhadap uskup mereka
sendiri. Mereka yang berani melanggar aturan semacam ini dengan cara
apapun apapun, dan tidak taat kepada uskup mereka sendiri, yang, jika mereka
ulama, untuk dikenakan hukuman kanonik; dan jika mereka biarawan atau
layfolk mereka harus dibuat dikucilkan.
9
Jika ada ulama memiliki
kasus untuk mengadukan seorang ulama, biarkan dia tidak meninggalkan uskup
sendiri dan mengambil sendiri off ke pengadilan sekuler, tapi biarkan dia udara
pertama masalah sebelum uskup sendiri, atau setidaknya, dengan izin dari uskup
sendiri, sebelum orang-orang yang kedua belah pihak bersedia untuk melihat
bertindak sebagai penengah dari gugatan mereka. Jika ada yang bertindak
secara bertentangan, biarkan dia dikenakan hukuman kanonik. Jika ulama
memiliki kasus untuk membawa baik terhadap sendiri atau melawan uskup lain,
biarkan dia membawa kasus ini ke sinode provinsi. Jika seorang uskup atau
ulama dalam sengketa dengan metropolitan provinsi yang sama, biarkan dia
terlibat baik Exarch keuskupan atau lihat dari kekaisaran Konstantinopel, dan biarkan
dia membawa kasusnya hadapannya.
10
Seorang ulama tidak
diperbolehkan untuk diangkat ke gereja-gereja di dua kota sekaligus: untuk yang
di mana ia awalnya ditahbiskan, dan satu lagi yang lebih penting yang ia
memiliki betaken dirinya keluar dari keinginan untuk meningkatkan reputasi tak
berdasar. Mereka yang melakukan hal ini adalah untuk dikirim kembali ke
gereja mereka sendiri di mana mereka ditahbiskan di awal, dan hanya ada mereka
untuk melayani. Tetapi jika beberapa telah ditransfer dari satu gereja ke
gereja lain, mereka tidak mengambil bagian dalam salah satu urusan gereja
mereka mantan, atau dari tempat suci para martir 'atau Almshouses atau
penampungan yang datang di bawah itu. Sinode suci telah menyatakan bahwa
mereka yang, setelah keputusan ini sinode besar dan universal ini, berani
melakukan apa saja yang kini dilarang adalah kehilangan peringkat pribadi
mereka.
11
Kami telah menetapkan
bahwa, tunduk pada pemeriksaan, semua orang miskin dan orang yang membutuhkan
adalah untuk bepergian dengan huruf gerejawi atau surat perdamaian saja, dan
bukan dari pujian, karena layaknya orang hanya reputasi yang akan diberikan
dengan surat pujian.
12
Ini telah menjadi perhatian
kita bahwa, bertentangan dengan peraturan gerejawi, beberapa telah melakukan
pendekatan kepada pihak berwenang sipil dan telah dibagi satu provinsi menjadi
dua oleh mandat resmi, dengan hasil bahwa ada dua metropolitan di provinsi yang
sama. Oleh karena itu Konsili suci menetapkan bahwa di masa depan tidak
ada uskup harus berani melakukan hal seperti itu, karena ia yang mencoba
berdiri untuk kehilangan stasiun tepat nya. tempat seperti telah dihormati
oleh surat perintah kekaisaran dengan judul metropolis harus memperlakukannya
hanya sebagai kehormatan, dan itu berlaku juga bagi uskup yang bertanggung
jawab dari gereja di sana, tanpa prasangka tentu saja dengan hak yang tepat
dari metropolis nyata .
13
ulama asing dan pembaca
tanpa surat pujian dari uskup mereka sendiri benar-benar dilarang untuk
melayani di kota lain.
14
Karena dalam pembaca
provinsi tertentu dan cantors telah diizinkan untuk menikah, sinode suci
menetapkan bahwa tidak satupun dari mereka diijinkan untuk menikahi istri dari
pandangan bias. Jika mereka sehingga menikah telah memiliki anak, dan jika
mereka telah memiliki anak-anak dibaptis antara bidah, mereka untuk membawa
mereka ke dalam persekutuan dengan Gereja Katolik.Jika mereka belum dibaptis,
mereka mungkin tidak lagi telah mereka dibaptis di antara bidah; atau
memang menikah mereka ke sesat atau seorang Yahudi atau Yunani yang, kecuali
tentu saja orang yang akan menikah dengan pihak ortodoks berjanji untuk
mengkonversi ke iman ortodoks. Jika ada yang melanggar hukum Keputusan ini
dari sinode suci, biarkan dia dikenakan hukuman kanonik.
15
Tidak ada wanita di bawah
empat puluh tahun yang akan ditahbiskan diakon, dan kemudian hanya setelah
pemeriksaan dekat. Jika setelah menerima penahbisan dan menghabiskan
beberapa waktu di kementerian ia membenci rahmat Allah dan menikah, orang
tersebut harus anathematised bersama dengan pasangannya.
16
Hal ini tidak diizinkan
untuk perawan yang telah mendedikasikan dirinya untuk Tuhan Allah, atau juga
untuk seorang bhikkhu, untuk kontrak pernikahan. Jika menemukan bahwa
mereka telah melakukannya, biarkan mereka menjadi dibuat dikucilkan. Namun,
kami telah menetapkan bahwa uskup setempat harus memiliki keleluasaan untuk
menangani manusiawi dengan mereka.
17
Pedesaan atau negara paroki
milik gereja yang tetap tegas terikat kepada para uskup yang memiliki
kepemilikan dari mereka, dan terutama jika mereka terus-menerus dan damai
diberikan mereka selama tiga puluh tahun. Namun, jika dalam tiga puluh
tahun perselisihan tentang mereka telah muncul, atau harus muncul, orang-orang
yang mengaku dianiaya diizinkan untuk membawa kasus ini sebelum sinode
provinsi. Jika ada yang dirugikan oleh mereka sendiri metropolitan,
biarkan kasus mereka dihakimi baik oleh Exarch dari keuskupan atau oleh lihat
Konstantinopel, seperti yang telah dikatakan. Jika setiap kota telah baru
didirikan, atau didirikan akhirat, oleh dekrit kaisar, biarkan susunan paroki
gereja sesuai dengan peraturan sipil dan publik.
18
Kejahatan konspirasi atau
asosiasi rahasia sepenuhnya dilarang bahkan oleh hukum negara; sehingga
semua lebih baik adalah ini dilarang di jemaat Allah.Jadi jika ada ulama atau
biarawan yang ditemukan baik membentuk sebuah konspirasi atau masyarakat
rahasia atau menetas plot terhadap uskup atau sesama pendeta, biarkan mereka
kehilangan peringkat pribadi mereka sepenuhnya.
19
Kami telah mendengar bahwa
di provinsi sinode para uskup yang ditentukan oleh hukum kanon tidak terjadi,
dan bahwa sebagai akibatnya banyak hal gerejawi yang perlu menempatkan kanan
sedang diabaikan. Jadi sinode suci menetapkan bahwa sesuai dengan aturan
dari ayah, para uskup di setiap provinsi yang ke foregather dua kali setahun di
tempat yang disetujui oleh uskup metropolis dan menempatkan setiap hal-hal yang
timbul dengan hak-hak. Uskup gagal untuk menghadiri yang menikmati
kesehatan yang baik dan bebas dari segala keterlibatan dihindari dan perlu,
tapi tinggal di rumah di kota-kota mereka sendiri, harus persaudaraan menegur.
20
Seperti yang telah kita
ditetapkan, ulama yang melayani gereja tidak diizinkan untuk bergabung dengan
gereja di kota lain, tetapi harus puas dengan satu di mana mereka awalnya
berwenang untuk menteri, selain dari orang-orang yang telah mengungsi dari
mereka sendiri negara dan telah dipaksa untuk pindah ke gereja lain. Jika
setelah keputusan ini setiap uskup menerima seorang ulama yang milik uskup
lain, itu menetapkan bahwa baik diterima dan penerima harus mengucilkan sampai
saat ulama yang telah pindah kembali ke gereja sendiri.
21
Ulama atau layfolk yang
membawa tuduhan terhadap uskup atau ulama tidak harus dirawat untuk membuat
tuduhan mereka tanpa basa-basi lagi, dan sebelum pemeriksaan, tapi reputasi
mereka pertama harus diselidiki.
22
Hal ini tidak diizinkan
untuk ulama, menyusul kematian uskup mereka sendiri, untuk merebut hal-hal yang
menjadi miliknya, seperti yang telah dilarang bahkan oleh kanon
sebelumnya. Mereka yang melakukan risiko ini kehilangan peringkat pribadi
mereka.
23
Ia telah datang ke
pemberitahuan dari sinode suci yang ulama tertentu dan biarawan yang tidak
memiliki pekerjaan dari uskup mereka sendiri dan kadang-kadang bahkan telah
dikucilkan oleh dia, yang sering mengunjungi kekaisaran Konstantinopel dan
menghabiskan waktu yang lama di sana menyebabkan gangguan, mengganggu
pembentukan gerejawi dan merusak rumah-rumah penduduk. Jadi sinode suci
menetapkan bahwa orang tersebut pertama yang diperingatkan oleh kejaksaan
gereja Konstantinopel paling suci untuk keluar dari kota kekaisaran; dan
jika mereka tanpa malu-malu bertahan dalam jenis yang sama dari perilaku,
mereka harus diusir oleh kejaksaan sama bahkan bertentangan dengan keinginan
mereka, dan dapat pergi sendiri ke tempat-tempat mereka sendiri.
24
Biara sekali ditahbiskan
sesuai dengan kehendak uskup yang tetap biara lamanya, dan efek yang milik
mereka dicadangkan ke biara, dan mereka tidak harus berubah menjadi hostelries
sekuler. Mereka yang membiarkan ini terjadi adalah untuk dikenakan hukuman
kanonik.
25
Menurut informasi kami,
metropolitan tertentu mengabaikan ternak yang dipercayakan kepada mereka dan
menunda pentahbisan uskup, sehingga sinode suci telah memutuskan bahwa
penahbisan uskup harus dilakukan dalam waktu tiga bulan, kecuali periode
keterlambatan telah menyebabkan menjadi diperpanjang oleh beberapa kebutuhan
yang tidak dapat dihindari. Jika metropolitan gagal untuk melakukan hal
ini, ia adalah untuk dikenakan hukuman gerejawi. Pendapatan dari gereja
janda harus disimpan aman oleh administrator dari gereja mengatakan.
26
Menurut informasi kami, di
beberapa gereja para uskup menangani bisnis gereja tanpa
administrator; sehingga telah memutuskan bahwa setiap gereja yang memiliki
uskup juga memiliki administrator, diambil dari ulama sendiri, untuk mengelola
hal-hal gerejawi menurut pikiran uskup yang bersangkutan sehingga administrasi
gereja mungkin tidak pergi diaudit, dan bahwa akibatnya properti gereja tidak
tersebar dan keuskupan tidak terkena kritik serius. Jika ia tidak mematuhi
ini, dia menjadi tunduk pada kanon ilahi.
27
Sinode suci menetapkan
bahwa orang-orang yang membawa lari gadis di bawah dalih hidup bersama, atau
yang kaki atau bekerja sama dengan orang-orang yang membawa lari yang
kehilangan peringkat pribadi mereka jika mereka ulama, dan harus anathematised
jika mereka biarawan atau layfolk.
28 [sebenarnya resolusi
yang disahkan oleh dewan pada sidang ke-16 namunditolak oleh Paus]
Berikut dalam segala hal
keputusan dari ayah suci dan mengakui kanon yang baru-baru ini dibacakan -
kanon 150 uskup yang paling saleh yang berkumpul di masa Theodosius besar
memori yang saleh, maka kaisar, di kekaisaran Konstantinopel, Roma baru - kami
mengeluarkan dekrit dan resolusi mengenai hak prerogatif dari gereja yang
paling suci Konstantinopel yang sama, Roma baru yang sama. Ayah benar
diberikan hak prerogatif untuk lihat Roma lebih tua, karena itu adalah sebuah
kota kekaisaran; dan pindah dengan tujuan yang sama 150 uskup yang paling
taat dibagi prerogatif sama dengan tahta suci Roma baru, cukup menilai bahwa
kota yang dihormati oleh kekuatan kekaisaran dan senat dan hak menikmati
menyamai kekaisaran Roma yang lebih tua, juga harus diangkat ke tingkat nya
dalam urusan gerejawi dan mengambil tempat kedua setelah dia. The
metropolitan dari keuskupan dari Pontus, Asia dan Thrace, tapi hanya ini, serta
para uskup dari keuskupan tersebut yang bekerja di kalangan non-Yunani, harus
ditahbiskan oleh lihat yang paling suci tersebut di atas gereja yang paling
suci di Konstantinopel. Artinya, setiap metropolitan dari keuskupan
tersebut di atas bersama dengan para uskup dari provinsi menahbiskan uskup dari
provinsi, seperti telah dinyatakan dalam kanon ilahi; tapi metropolitan
dari keuskupan tersebut di atas, seperti yang telah dikatakan, yang akan
ditahbiskan oleh Uskup Agung Konstantinopel, setelah kesepakatan telah dicapai
oleh orang dalam cara yang biasa dan telah dilaporkan kepadanya.
29 [ekstrak dari menit
dari sesi 19]
Para pejabat yang paling
terkemuka dan terkenal bertanya: Apa sinode menyarankan suci dalam kasus para
uskup yang ditahbiskan oleh paling Pendeta Uskup Photius dan dihapus oleh
paling Pendeta Uskup Eustathius dan konsinyasi untuk menjadi imam setelah kalah
keuskupan tersebut? Yang paling Pendeta Uskup Paschasinus dan Lucentius
dan imam Bonifatius, perwakilan dari tahta apostolik Roma, menjawab: Ini adalah
penghujatan untuk mengurangi uskup ke peringkat imam. Tapi jika
penyebabnya apa pun yang ada untuk menghapus orang-orang dari pelaksanaan
keuskupan hanya, mereka seharusnya tidak menempati posisi bahkan seorang
imam. Dan jika mereka telah dihapus dari kantor dan tanpa kesalahan,
mereka akan dikembalikan ke martabat uskup.Uskup Agung yang terhormat
Konstantinopel, Anatolius, menjawab: Jika orang-orang yang dikatakan telah
diturunkan dari martabat uskup ke peringkat imam telah dikutuk pada apa alasan
yang kuat, mereka jelas tidak layak untuk memegang bahkan kantor imam
. Tetapi jika mereka telah diturunkan ke peringkat yang lebih rendah tanpa
alasan yang masuk akal, maka selama mereka terlihat tidak bersalah, mereka
memiliki hak untuk melanjutkan martabat dan imamat keuskupan tersebut.
30 [ekstrak dari menit
dari sesi 4]
Para pejabat yang paling
terkemuka dan terkenal dan perakitan ditinggikan menyatakan: Sejak para uskup
yang paling Pendeta Mesir memiliki hingga sekarang menunda berlangganan surat
paling suci Uskup Agung Leo, bukan karena mereka bertentangan dengan iman
Katolik, tetapi karena mereka mengklaim bahwa itu adalah adat di keuskupan
Mesir untuk tidak melakukan hal-hal seperti yang bertentangan dengan kehendak
dan ketetapan uskup Agung mereka, dan karena mereka menganggap mereka harus
diberikan sampai penahbisan uskup masa depan kota besar Alexandria, kami pikir
itu wajar dan manusiawi itu, mempertahankan peringkat mereka hadir di kota
kekaisaran, mereka harus diberikan moratorium sampai saat seorang uskup agung
dari kota besar Alexandria ditahbiskan. Kebanyakan
Pendeta Uskup Paschasinus, wakil dari apostolik lihat, mengatakan: Jika
otoritas Anda menuntut hal itu, dan Anda memesan beberapa ukuran kebaikan
ditampilkan mereka, biarkan mereka memberikan jaminan bahwa mereka tidak akan
meninggalkan kota ini sebelum Alexandria menerima uskup nya. Para
pejabat yang paling terkemuka dan terkenal dan perakitan ditinggikan menjawab:
Biarkan resolusi paling suci Uskup Paschasinus ditegakkan. Jadi biarkan
para uskup yang paling Pendeta dari Mesir mempertahankan peringkat mereka saat
ini dan, baik memberikan jaminan jika mereka bisa, atau menggadaikan diri pada
sumpah, biarkan mereka menunggu penahbisan uskup masa depan kota besar
Alexandria.
Sumber : http://www.imankatolik.or.id