Header

cita-cita ardas

STASI WALIKUKUN, GEREJA YANG SATU, KUDUS, KATOLIK DAN APOSTOLIK.

Konsili Chalcedon
Tahun 451
 Pengantar

Itu kaisar Marcian yang, setelah "perampok" Dewan Efesus (449), memerintahkan dewan ini untuk bertemu. Paus Leo I menentang itu. Pandangannya adalah bahwa semua uskup harus bertobat dari cara mereka dan individual menandatangani surat dogmatis sebelumnya kepada Flavianus, patriark Konstantinopel, dan menghindari putaran baru argumen dan perdebatan. Selain itu, provinsi Barat sedang meletakkan sampah oleh invasi Attila ini. Tapi sebelum pandangan Paus dikenal, kaisar Marcian memiliki, oleh dekrit 17 Mei 451, convoked dewan untuk 1 September 451. Meskipun Paus tidak senang, ia mengirim utusan: Paschasinus uskup Lilybaeum, Uskup Lucentius, para imam Boniface dan Basil, dan Uskup Julian dari Cos. Tidak diragukan Leo berpikir bahwa dewan akan menyebabkan orang meninggalkan gereja dan pergi ke perpecahan. Jadi ia ingin ditunda untuk sementara waktu, dan ia memohon kepada kaisar bahwa iman diturunkan dari zaman kuno tidak harus menjadi subyek perdebatan. Satu-satunya bisnis harus pemulihan para uskup diasingkan ke posisi semula.
Dewan ini convoked di Nicea tetapi kemudian dipindahkan ke Chalcedon, sehingga menjadi dekat dengan Konstantinopel dan kaisar. Ini dimulai pada tanggal 8 Oktober 451. The utusan Paschasinus, Uskup Lucentius dan imam Bonifasius memimpin, sementara Julian dari Cos duduk di antara para uskup. Di sisi mereka adalah komisaris kekaisaran dan mereka melayani di Senat, yang bertanggung jawab hanya untuk menjaga ketertiban dalam pembahasan dewan.
Daftar kami memiliki yang hadir tidak memuaskan. Menurut Leo ada 600 uskup di dewan, padahal menurut surat kepadanya ada 500.
The "Definisi iman" disahkan pada sidang kelima dewan, dan sungguh-sungguh diumumkan pada sesi keenam di hadapan kaisar dan otoritas kekaisaran. Rumus diterima di SK adalah: Kristus adalah satu dalam dua kodrat. Hal ini sesuai dengan surat Leo kepada Flavianus dari Konstantinopel, dan surat Leo secara tegas disebutkan dalam Definisi iman.
Dewan juga mengeluarkan 27 kanon disiplin (tidak jelas di mana sesi).
Apa yang biasanya disebut kanon 28 (dari kehormatan yang akan diberikan tahta Konstantinopel) sebenarnya resolusi yang disahkan oleh dewan pada sesi ke-16. Ituditolak oleh utusan Romawi.
Dalam koleksi Yunani kuno, Kanon 29 dan 30 juga dikaitkan dengan dewan:
    • canon 29 adalah ekstrak dari menit dari sesi ke-19; dan
    • canon 30 adalah ekstrak dari menit dari sesi 4.
    • Karena kanon 28, yang utusan Romawi telah menentang, kaisar Marcian dan Anatolius, patriark Konstantinopel, meminta persetujuan untuk dewan dari paus. Hal ini jelas dari surat Anatolius yang mencoba untuk membela canon, dan terutama dari surat Markianus yang secara eksplisit meminta konfirmasi.Karena bidat yang salah mengartikan persetujuan pemotongan, Paus meratifikasi keputusan doktrinal pada 21 Maret 453, tapi ditolak canon 28 karena berlawanan dengan kanon Nicea dan hak istimewa dari gereja-gereja tertentu.
Pengundangan kekaisaran dibuat oleh Kaisar Marcian di 4 fatwa Februari 452.
Terlepas dari surat Paus Leo kepada Flavianus, yang dalam bahasa Latin, terjemahan bahasa Inggris adalah dari teks Yunani, karena ini adalah versi yang lebih otoritatif.


Terkejut saat kami di kedatangan akhir surat amal Anda, kami membacanya dan memeriksa rekening apa para uskup yang telah dilakukan. Kita sekarang melihat apa skandal terhadap integritas iman telah mengangkat kepala di antara kamu. Apa yang sebelumnya dirahasiakan sekarang menjadi jelas diungkapkan kepada kita. Eutyches, yang dianggap sebagai orang terhormat karena dia memiliki gelar imam, yang terbukti sangat ruam dan sangat bodoh.Apa nabi tersebut dapat diterapkan kepadanya: Dia tidak ingin memahami dan melakukan yang baik: ia diplot jahat di tempat tidurnya. Apa yang bisa lebih buruk daripada memiliki pikiran beragama dan untuk membayar tidak mengindahkan mereka yang bijaksana dan lebih belajar? Orang-orang yang jatuh ke dalam kebodohan ini adalah mereka yang pengetahuan tentang kebenaran diblokir oleh semacam keremangan. Mereka tidak mengacu
§  perkataan para nabi, atau untuk
§  surat-surat para rasul, atau bahkan untuk
§  kata-kata otoritatif Injil,
tapi untuk diri mereka sendiri. Dengan tidak murid kebenaran, mereka berubah menjadi master of error. Seorang pria yang tidak memiliki pemahaman yang paling dasar bahkan dari kredo itu sendiri dapat belajar apa-apa dari teks-teks suci Baru dan Perjanjian Lama. Orang tua ini belum dibawa ke jantung apa yang diucapkan oleh setiap calon baptis di seluruh dunia!
Dia tidak tahu bagaimana ia harus berpikir tentang inkarnasi dari Firman Allah;dan ia tidak punya keinginan untuk memperoleh cahaya dari pemahaman dengan bekerja melalui panjang dan luasnya kitab-kitab suci. Jadi setidaknya dia harus mendengarkan dengan hati-hati dan menerima keyakinan umum dan tak terbagi dimana seluruh tubuh mengaku beriman bahwa mereka percaya
4.           Allah Bapa yang Mahakuasa dan di
5.   Yesus Kristus-Nya yang tunggal, Tuhan kita,
6.   yang lahir dari Roh Kudus dan perawan Maria.
Ketiga pernyataan menghancurkan trik dari hampir setiap bid'ah. Ketika Allah diyakini baik Mahakuasa dan Bapa, Putra jelas terbukti menjadi co-kekal dengan dia, sama sekali tidak berbeda dari Bapa, sejak ia lahir Allah dari Allah, Mahakuasa dari Yang Mahakuasa, co-kekal dari kekal, tidak kemudian dalam waktu, tidak lebih rendah dalam kekuasaan, tidak seperti dalam kemuliaan, tidak berbeda dalam menjadi. Kekal, Tunggal sama demi bapak abadi lahir dari Roh Kudus dan perawan Maria. Kelahirannya dalam waktu sekali tidak mengurangi dari atau menambah bahwa kelahiran ilahi dan kekal nya, tetapi seluruh tujuannya adalah untuk mengembalikan umat manusia, yang telah ditipu, sehingga mungkin mengalahkan kematian dan, dengan kekuatannya, menghancurkan iblis yang memegang kuasa maut. Mengatasi pencetus dosa dan kematian akan melampaui kita, tidak dia yang dosa tidak bisa menajiskan, juga tidak bisa mati tahan, diambil sifat kita dan membuatnya sendiri. Dia dikandung dari Roh Kudus di dalam rahim ibu perawan. Keperawanannya adalah sebagai tersentuh di memberinya lahir seperti itu dalam hamil dirinya.
Tetapi jika itu di luar Eutyches untuk mendapatkan pemahaman suara dari ini,sumber paling murni dari iman Kristen, karena kecerahan kebenaran nyata telah digelapkan oleh kebutaan aneh sendiri, maka ia harus tunduk dirinya pada ajaran Injil. Ketika Matius mengatakan, Kitab generasi Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham, Eutyches harus mendongak pengembangan lebih lanjut dalam pemberitaan rasuli. Ketika dia membaca di surat ke Roma, Paulus, hamba Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul dan dikuduskan untuk Injil Allah, yang telah sebelumnya berjanji melalui nabi-Nya dalam tulisan suci yang mengacu pada Anak-Nya, yang dibuat untuknya benih Daud menurut daging, ia harus membayar perhatian yang mendalam dan taat terhadap teks-teks kenabian. Dan ketika ia menemukan Tuhan membuat janji kepada Abraham bahwa dalam benih Anda harus semua bangsa akan diberkati, ia harus mengikuti rasul, dalam rangka untuk menghilangkan keraguan tentang identitas benih ini, ketika ia mengatakan, janji-janji yang diucapkan Abraham dan keturunannya. Dia tidak mengatakan "untuk benih nya" - seakan merujuk banyaknya - tapi untuk satu pun, "dan untuk keturunanmu" yaitu Kristus. Telinga batinnya juga harus mendengar Yesaya memberitakan Sesungguhnya, seorang perawan akan menerima dalam rahim dan akan melahirkan seorang anak laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel, yang diterjemahkan "Allah beserta kita". Dengan iman ia harus membaca kata-kata nabi yang sama ini, Seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita. kekuasaannya di pundaknya. Mereka akan memanggil nama-Nya "Malaikat nasihat besar, kuat Allah, pangeran perdamaian, ayah dari dunia yang akan datang". Maka ia tidak akan menipu orang dengan mengatakan bahwa Firman itu telah menjadi manusia dalam arti bahwa ia muncul dari rahim perawan memiliki bentuk manusia tetapi tidak memiliki realitas tubuh ibunya.
Atau itu mungkin bahwa ia berpikir bahwa Tuhan kita Yesus Kristus tidak memiliki sifat kami karena malaikat yang dikirim ke Mary diberkati mengatakan, Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa paling tinggi akan menaungi engkau, dan sehingga yang akan lahir suci dari Anda akan disebut Anak Allah, seperti apakah itu karena konsepsi oleh perawan itu bekerja oleh Allah bahwa daging yang dikandung tidak berbagi sifat yang melahirkan itu? Tapi unik menakjubkan dan keajaiban yang unik bahwa tindakan dari generasi itu, tidak harus dipahami seolah-olah karakter yang tepat dari jenisnya dibawa pergi oleh kebaruan semata penciptaannya. Itu adalah Roh Kudus yang membuat perawan hamil, tapi realitastubuh yang berasal dari tubuh. Sebagai Kebijaksanaan membangun rumah untuk dirinya sendiri, Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita: yaitu, di dalam daging yang ia berasal dari jenis manusia dan yang ia animasi dengan semangat hidup yang rasional.
Jadi karakter yang tepat dari kedua kodrat dipertahankan dan datang bersama-sama dalam satu orang. . Kerendahan diambil oleh keagungan, kelemahan oleh kekuatan, angka kematian oleh keabadian Untuk melunasi utang dari negara kita, alam kebal bersatu dengan alam yang bisa menderita; sehingga dengan cara yang berhubungan dengan obat yang kami butuhkan, satu dan mediator yang sama antara Allah dan manusia yaitu manusia Kristus Yesus, bisa baik di satu sisi mati dan di sisi lain tidak mampu kematian. Demikian Allah yang benar lahir di alam berkurang dan sempurna seorang pria sejati, lengkap dalam apa dan lengkap dalam apa yang kita. Dengan "kita" yang kami maksud apa Sang Pencipta didirikan pada kita dari awal dan apa yang ia mengambil pada dirinya untuk mengembalikan. Ada di Juruselamat tidak ada jejak dari hal-hal yang tersingkap membawa kepada kita, dan yang ditipu manusia memberi masuk. Tunduk Nya kelemahan manusia yang sama dengan kita tidak berarti bahwa ia berbagi dosa-dosa kita. Dia mengambil rupa seorang hamba tanpa kekotoran dosa, sehingga meningkatkan manusia dan tidak mengurangi ilahi.Untuk itu pengosongan diri dimana Terlihat diberikan dirinya terlihat, dan Sang Pencipta dan Tuhan segala sesuatu memilih untuk bergabung dengan barisan manusia, dieja ada kegagalan daya: itu adalah tindakan mendukung penuh belas kasihan. Jadi orang yang mempertahankan bentuk Allah ketika ia membuat manusia, menjadi manusia dalam rupa seorang hamba. Setiap alam terus karakter yang tepat tanpa kehilangan; dan hanya sebagai bentuk Allah tidak mengambil rupa seorang hamba, sehingga bentuk seorang hamba tidak mengurangi bentuk Allah.
Itu bermegah iblis bahwa manusia telah tertipu oleh tipu daya dan telah kehilangan hadiah yang diberikan Tuhan itu; dan bahwa itu telah dilucuti dari endowment keabadian dan begitu tunduk pada hukuman yang keras dari kematian. Dia juga sesumbar bahwa, tenggelam karena ia dalam kejahatan, ia sendiri berasal penghiburan dari memiliki mitra dalam kejahatan; dan bahwa Allah telah dipaksa oleh prinsip keadilan untuk mengubah putusan pada manusia, yang telah dibuat dalam keadaan terhormat tersebut. Semua ini disebut untuk realisasi rencana rahasia dimana diubah Allah, yang akan tidak dapat dibedakan dari kebaikan-Nya, mungkin membawa realisasi asli kebaikannya terhadap kita sampai selesai dengan cara misteri yang lebih tersembunyi, dan dimana umat manusia, yang telah dipimpin ke dalam keadaan dosa oleh kelicikan iblis, mungkin dicegah dari binasa bertentangan dengan tujuan Allah.
Jadi tanpa meninggalkan kemuliaan Bapa-Nya belakang, Anak Allah turun dari tahta surgawi dan memasuki kedalaman dunia kita, lahir dalam rangka belum pernah terjadi sebelumnya oleh jenis belum pernah terjadi sebelumnya lahir.Dalam rangka belum pernah terjadi sebelumnya, karena orang yang tak terlihat di tingkat sendiri dibuat terlihat pada kita. The menghendaki ungraspable untuk digenggam. Sementara sisa pra-ada, ia mulai eksis dalam waktu. Tuhan alam semesta terselubung keagungan terukur dan mengambil bentuk seorang hamba.Allah yang tidak mengenal penderitaan tidak membenci menjadi manusia penderitaan, dan, abadi seperti dia, menjadi tunduk pada hukum kematian. Oleh jenis belum pernah terjadi sebelumnya lahir, karena itu keperawanan diganggu gugat yang memasok daging materi tanpa mengalami gairah seksual. Apa yang diambil dari ibu Tuhan adalah alam tanpa rasa bersalah. Dan fakta bahwa kelahiran ajaib tidak berarti bahwa dalam Tuhan Yesus Kristus, lahir dari rahim perawan ini, alam berbeda dari kita. Sama satu adalah Allah sejati dan manusia sejati.
Tidak ada yang nyata tentang kesatuan ini, karena kedua kerendahan manusia dan keagungan ketuhanan berada dalam hubungan saling. Sebagaimana Allah tidak berubah dengan menunjukkan belas kasihan, tidak adalah manusia dimakan oleh martabat diterima. Aktivitas setiap form adalah apa yang tepat untuk itu dalam persekutuan dengan yang lain: yaitu, Firman melakukan apa yang menjadi milik Firman, dan daging menyelesaikan apa yang menjadi milik daging. Salah satu berkinerja ini mukjizat brilian yang lain menopang tindak kekerasan. Sebagai Firman tidak kehilangan kemuliaan yang sama dengan Bapa, sehingga juga tidak daging meninggalkan sifat dari jenisnya di belakang. Kita harus mengatakan ini lagi dan lagi: satu dan sama benar-benar Anak Allah dan benar-benar anak manusia. Tuhan, oleh fakta bahwa pada mulanya adalah Firman, dan Firman itu bersama Allah, dan Firman itu adalah Allah; manusia, oleh kenyataan bahwa Firman itu telah menjadi manusia dan tinggal di antara kita. Tuhan, oleh kenyataan bahwa segala sesuatu dijadikan oleh Dia, dan tidak dibuat tanpa dia,manusia, oleh kenyataan bahwa ia terbuat dari seorang wanita, dibuat di bawah hukum. Kelahiran daging mengungkapkan sifat manusia; lahir dari perawan adalah bukti kekuatan ilahi. Sebuah cradle rendah memanifestasikan bayi anak;suara malaikat 'mengumumkan kebesaran yang paling tinggi. Herodes evilly berusaha untuk membunuh orang yang seperti manusia pada tahap awal orang Majus bersukacita untuk memuja satu berlutut yang adalah Tuhan dari semua.Dan ketika ia datang untuk dibaptis oleh prekursor John, suara Bapa berbicara guntur dari langit, untuk memastikan bahwa ia tidak luput dari perhatian karena keilahian itu disembunyikan oleh selubung daging: Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku senang. Dengan demikian, satu sama siapa setan licik menggoda sebagai manusia, para malaikat patuh menunggu sebagai Tuhan.Lapar, haus, kelelahan, tidur yang terang-terangan manusia. Tapi untuk memenuhi lima ribu orang dengan lima roti; untuk membuang air hidup perempuan Samaria, minum yang akan menghentikan dia menjadi haus lagi;berjalan di atas permukaan laut dengan kaki yang tidak tenggelam; menegur badai dan tingkat gelombang pemasangan; tidak ada keraguan ini ilahi.
Jadi, jika saya bisa melewati banyak hal, itu bukan milik sifat yang sama untuk menangis karena kasihan yang mendalam-merasa untuk seorang teman mati, dan untuk memanggilnya kembali ke kehidupan lagi di perintah, setelah gundukan telah dihapus dari makam empat dayold; atau untuk menggantung di kayu salib dan, dengan hari berubah menjadi malam, untuk membuat elemen gemetar; atau untuk ditembus oleh paku dan membuka gerbang surga bagi pencuri percaya.Demikian juga, itu tidak termasuk dengan sifat yang sama mengatakan saya dan Bapa adalah satu, dan mengatakan Bapa lebih besar daripada I. Karena meskipun ada di dalam Tuhan Yesus Kristus satu orang yang Allah dan manusia, penghinaan bersama oleh keduanya memiliki sumber mereka dalam satu hal, dan kemuliaan yang dibagi dalam lain. Karena dari kami bahwa ia mendapat kemanusiaan yang kurang dari Bapa; itu adalah dari Bapa bahwa ia mendapat ketuhanan yang sama dengan Bapa.
Jadi itu adalah karena kesatuan ini orang, yang harus dipahami dalam kedua kodrat, bahwa kami berdua membaca bahwa anak manusia turun dari surga, ketika Anak Allah mengambil daging dari perawan dari siapa ia dilahirkan, dan lagi bahwa Anak Allah dikatakan telah disalibkan dan dikuburkan, karena ia menderita hal-hal ini tidak di keilahian itu sendiri dimana tunggal adalah co-kekal dan sehakikat dengan Bapa, tetapi dalam kelemahan sifat manusia. Itulah sebabnya dalam syahadat, juga, kita semua mengakui bahwa satu-satunya Anak Tunggal Allah disalibkan dan dikuburkan, mengikuti apa kata rasul, Jika mereka tahu, mereka tidak akan pernah disalibkan Tuhan keagungan. Dan ketika Tuhan dan Juruselamat kita sendiri mempertanyakan murid-Nya dan memerintahkan iman mereka, katanya, orang, siapakah 1, anak manusia, am? Dan ketika mereka telah ditampilkan berbagai pendapat orang lain, katanya, siapakah Aku ini? --Di kata lain, Akulah yang anak manusia dan siapa Anda sesungguhnya dalam rupa seorang hamba dan dalam daging nyata: Siapa yang Anda katakan saya? Dimana Petrus berbahagia, diilhami oleh Allah dan membuat pengakuan yang akan menguntungkan semua orang di masa depan, mengatakan, Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup. Dia benar-benar pantas untuk dinyatakan "diberkati" oleh Tuhan. Dia berasal stabilitas baik kebaikan dan namanya dari Rock asli, ketika Bapa mengungkapkan hal itu kepadanya, ia mengaku bahwa satu sama adalah Anak Allah dan juga Kristus. Menerima salah satu kebenaran ini tanpa yang lain tidak ada bantuan untuk keselamatan; dan percaya bahwa Tuhan Yesus Kristus adalah baik hanya Allah dan bukan manusia, atau semata-mata manusia dan bukan Tuhan, sama-sama berbahaya.
Setelah kebangkitan Tuhan - yang tentu saja kebangkitan tubuh nyata, karena yang dibawa kembali ke kehidupan tidak lain adalah orang yang telah disalibkan dan telah meninggal - seluruh titik penundaan empat puluh hari adalah untuk membuat iman kita benar-benar terdengar dan menyucikan itu semua kegelapan.Oleh karena itu ia berbicara kepada murid-murid-Nya dan hidup dan makan dengan mereka, dan membiarkan dirinya disentuh dengan penuh perhatian dan hati-hati oleh mereka yang berada dalam cengkeraman keraguan; ia akan pergi di antara murid-muridnya ketika pintu terkunci, dan memberikan Roh Kudus dengan bernapas pada mereka, dan membuka rahasia kitab suci setelah mencerahkan pemahaman mereka; lagi, ia akan menunjukkan luka di sisinya, lubang yang dibuat oleh kuku, dan semua tanda-tanda penderitaan dia baru-baru ini mengalami, mengatakan, Lihatlah tangan dan kaki saya - itu adalah I. Rasakan dan lihat, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang Anda lihat yang saya miliki. Semua ini sehingga akan diakui bahwa karakter yang tepat dari ilahi dan sifat manusia pergi ada yang tak terpisahkan dalam dirinya; dan sehingga kita akan menyadari bahwa Firman tidak hal yang sama seperti daging, tetapi sedemikian rupa bahwa kita akan mengakui kepercayaan di salah satu Anak Allah sebagai baik Word dan daging.
Eutyches ini harus dinilai menjadi sangat miskin misteri ini dari iman. Baik kerendahan hati dari kehidupan fana maupun kemuliaan kebangkitan telah membuatnya mengenali sifat kita di Tunggal Allah. Atau memiliki bahkan pernyataan rasul diberkati dan penginjil John menimbulkan ketakutan dalamdirinya. Setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan setiap roh yang menempatkan Yesus terbelah tidak berasal dari Allah, dan ini adalah Antikristus Tapi apa menempatkan Yesus sebagai di bawah terdiri dalam jika tidak memisahkan sifat manusia dari dia, dan di membatalkan, melalui fiksi paling yg tak tahu malu, satu misteri yang kita telah diselamatkan? Setelah dalam kegelapan tentang sifat tubuh Kristus, maka bahwa kebutaan yang sama membawa dia ke mengoceh kebodohannya tentang penderitaannya juga. Jika dia tidak berpikir bahwa salib Tuhan adalah nyata dan jika ia tidak memiliki keraguan bahwa penderitaan menjalani untuk keselamatan dunia nyata, maka ia harus sadar daging yang yang kematiannya ia percaya. Dan biarkan dia tidak menyangkal bahwa laki-laki yang dia tahu telah dikenakan untuk penderitaan memiliki jenis kami tubuh, untuk menyangkal realitas daging juga menyangkal penderitaan tubuh. Jadi jika ia menerima iman Kristen dan tidak menutup telinga terhadap pemberitaan Injil, biarkan dia mempertimbangkan apa alam itu yang digantung, ditusuk dengan paku di atas kayu salib. Dengan sisi yang disalibkan diungkapkan oleh tombak prajurit, biarkan dia mengidentifikasi sumber dari mana darah dan air mengalir, untuk mandi jemaat Allah dengan baik font dan cangkir.
Biarkan dia mengindahkan apa yang diberkati Rasul Petrus mengajarkan, bahwa pengudusan oleh Roh dipengaruhi oleh percikan darah Kristus; dan biarkan dia tidak melewatkan kata-kata rasul yang sama, mengetahui bahwa Anda telah ditebus dari cara hidupmu yang Anda warisi dari nenek moyangmu, tidak dengan emas yang fana dan perak tetapi oleh darah Yesus Kristus, sebagai anak domba yang tak noda atau spot. Juga harus ia menahan kesaksian diberkati Rasul Yohanes: dan darah Yesus, Anak Allah, menyucikan kita dari segala dosa; dan sekali lagi, ini adalah kemenangan yang mengalahkan dunia, iman kita. Yang ada yang mengalahkan dunia kecuali satu yang percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah? Hal ini dia, Yesus Kristus yang telah datang melalui air dan darah, tidak dalam air, tetapi dengan air dan darah. Dan karena Roh adalah kebenaran, itu adalah Roh yang memberi kesaksian. Sebab ada tiga yang memberi kesaksian - Roh dan air dan darah. Dan ketiganya adalah satu. Dengan kata lain, Roh pengudusan dan darah penebusan dan air baptisan. ketiganya adalah satu dan tetap terpisahkan. Tak satu pun dari mereka adalah dipisahkan dari link-nya dengan orang lain. Alasannya adalah bahwa dengan iman ini bahwa kehidupan gereja Katolik dan tumbuh, dengan percaya bahwa baik manusia adalah tanpa keilahian benar atau keilahian tanpa kemanusiaan yang sejati.
Ketika Anda lintas diperiksa Eutyches dan dia menjawab, "Saya mengakui bahwa Tuhan kita adalah dari dua kodrat sebelum serikat, tapi saya akui salah satu alam setelah serikat", saya kagum bahwa deklarasi tersebut tidak masuk akal dan korup iman tidak sangat parah dikecam oleh hakim; dan bahwa pernyataan yang sangat bodoh itu diabaikan, seolah-olah tidak apa ofensif telah didengar. Hal itu sama jahat untuk mengatakan bahwa satu-satunya Anak Tunggal Allah dari dua kodrat sebelum inkarnasi karena keji untuk mengklaim bahwa ada sifat tunggal dalam dirinya setelah Firman itu telah menjadi manusia. Eutyches tidak mengira, bahwa apa yang dikatakannya itu baik benar atau ditoleransi hanya karena tidak ada pernyataan yang jelas dari Anda membantah hal itu. Jadi kami ingatkan, saudara tercinta, tanggung jawab amal Anda untuk memastikan bahwa jika melalui ilham belas kasihan Allah kasus ini pernah menetap, ruam dan bodoh sesama juga dibersihkan dari apa yang blighting pikirannya. Sebagai menit telah membuat jelas, ia membuat awal yang baik di meninggalkan pendapatnya ketika, di bawah tekanan dari pernyataan Anda, dia mengaku untuk mengatakan apa yang ia tidak mengatakan sebelumnya, dan menemukan kepuasan dalam iman yang ia sebelumnya telah asing . Tapi ketika ia menolak untuk menjadi pihak yang anathematising doktrin jahat, persaudaraan Anda akan menyadari bahwa ia bertahan dalam keyakinan palsu dan bahwa ia pantas vonis hukuman. Jika dia jujur ​​dan sesuai menyesal tentang hal ini, dan mengakui bahkan pada tahap akhir ini bagaimana benar otoritas uskup itu menggerakkan, atau jika, untuk membuat penuh kesalahan, ia mengutuk setiap pikiran yang salah dia dari mulut ke mulut dan dengan tanda tangan yang sebenarnya , maka tidak ada jumlah belas kasihan terhadap orang yang telah direformasi adalah berlebihan. Tuhan kita, yang benar dan baik gembala yang menyerahkan nyawa-Nya bagi domba-dombanya, dan yang datang bukan untuk menghancurkan tapi untuk menyelamatkan jiwa-jiwa dari pria dan wanita, ingin kita menjadi penurut kebaikan-Nya, sehingga sementara keadilan merepresi berdosa, rahmat tidak menolak dikonversi.Pertahanan iman yang benar tidak pernah begitu produktif seperti ketika opini palsu dikutuk bahkan oleh penganutnya.
Di tempat diri, kami telah mengatur untuk saudara-saudara kita, Uskup Julius dan imam Renatus gereja St Clement, dan juga anak saya, diakon Hilary, untuk memastikan kesimpulan yang baik dan setia pada seluruh kasus. Untuk perusahaan mereka kami telah menambahkan Dulcitius notaris kami, terbukti loyalitas kepada kami. Kami percaya bahwa dengan bantuan Allah dia yang telah jatuh ke dalam kesalahan mungkin mengutuk kejahatan pikirannya sendiri dan menemukan keselamatan.
Tuhan membuat Anda aman, kakak tersayang.


Suci dan besar dan universal sinode oleh kasih karunia Allah dan dengan Keputusan kaisar yang paling religius dan Kristus yang mencintai Anda Valentinian Augustus dan Markianus Augustus dirakit di Chalcedon, metropolis dari provinsi Bitinia, di kuil yang suci dan martir kemenangan Euphemia, masalah dekrit berikut.
Dalam membangun murid-muridnya dalam pengetahuan iman, Tuhan dan Juruselamat kita Kristus berkata: "Damai sejahtera Kutinggalkan Anda, kedamaian saya saya serahkan kepada Anda" ', sehingga tidak ada yang harus setuju dengan tetangganya mengenai doktrin agama tapi itu proklamasi kebenaran akan seragam disajikan. Tapi si jahat tidak pernah berhenti berusaha untuk memadamkan benih agama dengan lalang sendiri dan untuk selama-lamanya menciptakan beberapa hal baru atau lainnya terhadap kebenaran;sehingga Guru, berolahraga perawatan biasa bagi umat manusia, membangkitkan Kaisar agama dan paling setia ini untuk tindakan bersemangat, dan dipanggil ke dirinya pemimpin imamat dari mana-mana, sehingga melalui kerja kasih karunia Kristus, master kita semua, setiap kepalsuan merugikan mungkin staved dari domba Kristus dan mereka mungkin akan digemukkan di pertumbuhan segar kebenaran.
Ini sebenarnya apa yang telah kita lakukan. Kami telah didorong off doktrin yang keliru oleh resolusi kolektif kami dan kami telah memperbaharui keyakinan tepat dari ayah. Kami telah menyatakan kepada semua kredo 318; dan kami telah membuat kami sendiri orang-orang ayah yang diterima ini pernyataan setuju dari agama - 150 yang kemudian bertemu di Konstantinopel besar dan diri mereka sendiri mengatur segel mereka untuk kredo yang sama.
Oleh karena itu, sementara kami juga berdiri
§  keputusan dan semua rumus yang berkaitan dengan akidah dari sinode suci yang berlangsung sebelumnya di Efesus,
§  pemimpin yang memori yang paling suci adalah Celestine Roma dan Cyril dari Alexandria
kami Keputusan yang
o    keunggulan milik eksposisi hak dan keyakinan bersih dari 318 ayah suci dan diberkati yang berkumpul di Nicaea ketika Constantine memori saleh adalah kaisar: dan bahwa
o    mereka dekrit juga tetap berlaku yang diterbitkan di Konstantinopel oleh 150 ayah suci untuk menghancurkan ajaran sesat kemudian marak dan mengkonfirmasi keyakinan katolik dan apostolik yang sama.
§  Kredo dari 318 ayah di Nicea.
§  Dan hal yang sama dari 150 ayah suci berkumpul di Konstantinopel.
Kredo ini bijaksana dan hemat, karunia rahmat ilahi, itu cukup untuk pemahaman yang sempurna dan pembentukan agama. Untuk pengajaran tentang Bapa dan Anak dan Roh Kudus selesai, dan menetapkan menjadi manusia Tuhan kepada mereka yang setia menerimanya.
Tapi ada orang-orang yang mencoba untuk merusak proklamasi kebenaran, dan melalui ajaran sesat pribadi mereka mereka telah melahirkan formula baru:
§  beberapa dengan berani korup misteri perekonomian Tuhan atas nama kami, dan menolak untuk menerapkan kata "Allah-pembawa" ke Virgin; dan
§  orang lain dengan memperkenalkan kebingungan dan campuran, dan tanpa berpikir membayangkan bahwa ada sifat tunggal daging dan keilahian, dan fantastis mengandaikan bahwa dalam kebingungan sifat ilahi Tunggal passible.
Oleh karena itu Konsili suci dan besar dan universal ini, sekarang di sesi, dalam keinginan untuk mengecualikan semua trik mereka terhadap kebenaran, dan mengajar apa yang telah tergoyahkan di proklamasi dari awal,
§  Keputusan bahwa kredo dari 318 ayah adalah, di atas segalanya, tetap terhormat. Dan karena orang-orang yang menentang Roh Kudus, itu
§  meratifikasi ajaran tentang keberadaan Roh Kudus diturunkan oleh 150 ayah suci yang bertemu beberapa waktu kemudian di kota kekaisaran
§  - Ajaran mereka diketahui oleh semua,
§  tidak memperkenalkan sesuatu yang ditinggalkan oleh pendahulu mereka, tetapi mengklarifikasi ide-ide mereka tentang Roh Kudus dengan menggunakan kesaksian kitab suci terhadap mereka yang berusaha untuk membunuh dengan kedaulatan-Nya.
Dan karena mereka yang berusaha untuk merusak misteri ekonomi dan tanpa malu-malu dan bodoh menyatakan bahwa ia yang lahir dari perawan suci Maria adalah manusia biasa, telah diterima
huruf synodical dari Cyril diberkati, [sudah diterima oleh Konsili Efesus]
pendeta dari gereja di Alexandria, untuk Nestorius dan ke Oriental, sebagai yang cocok untuk menyangkal kebodohan marah Nestorius dan untuk menyediakan interpretasi bagi mereka yang dalam semangat keagamaan mereka mungkin keinginan pemahaman tentang keyakinan tabungan.
surat primata dari terbesar dan tua Roma,
paling diberkati dan paling suci Uskup Agung Leo, yang ditulis dengan suci Uskup Agung Flavianus untuk meletakkan Eutyches ini jahat-pikiran, karena dalam perjanjian dengan pengakuan besar Petrus dan merupakan dukungan kami memiliki kesamaan.
Hal ini bertentangan dengan orang-orang yang mencoba untuk mengobrak-abrik misteri ekonomi menjadi dualitas anak; dan
§  itu mengusir dari perakitan para imam mereka yang berani mengatakan bahwa keilahian Tunggal passible, dan
§  berdiri menentang mereka yang membayangkan campuran atau kebingungan antara dua kodrat Kristus; dan
§  itu mengusir orang-orang yang memiliki ide gila bahwa hamba-bentuk ia mengambil dari kami adalah dari surgawi atau beberapa jenis lain dari makhluk; dan
§  itu anathematises mereka yang menyusun dua kodrat Tuhan sebelum serikat tapi bayangkan satu pun setelah serikat.
Jadi, setelah ayah suci, kita semua dengan satu suara mengajarkan pengakuan satu dan Anak yang sama, Tuhan kita Yesus Kristus: sempurna yang sama di keilahian dan sempurna dalam kemanusiaan, benar-benar Allah yang sama dan benar-benar manusia, dari jiwa rasional dan sebuah tubuh; sehakikat dengan Bapa dalam hal keilahian-Nya, dan sehakikat sama dengan kami dalam hal kemanusiaannya; seperti kita dalam segala hal kecuali dosa; diperanakkan sebelum usia dari Bapa dalam hal keilahian-Nya, dan di hari-hari terakhir yang sama bagi kita dan bagi keselamatan kita dari Maria, perawan Allah pembawa sehubungan kemanusiaannya; satu dan sama Kristus, Anak, Tuhan, Tunggal, diakui dalam dua kodrat yang mengalami tidak ada kebingungan, tidak ada perubahan, ada pembagian, ada pemisahan; tanpa titik perbedaan antara sifat diambil melalui serikat, melainkan milik kedua sifat yang diawetkan dan datang bersama-sama ke satu orang dan makhluk subsisten tunggal; ia tidak berpisah atau terbagi menjadi dua orang, tetapi satu dan Anak Tunggal yang sama, Tuhan, Firman, Tuhan Yesus Kristus, seperti para nabi mengajarkan dari awal tentang dia, dan sebagai Tuhan Yesus Kristus sendiri memerintahkan kita, dan sebagai kredo ayah menyerahkannya kepada kita.
Karena kita telah dirumuskan hal-hal ini dengan semua akurasi mungkin dan perhatian, sinode suci dan universal memutuskan bahwa tidak ada yang diizinkan untuk memproduksi, atau bahkan menuliskan atau menulis, apapun keyakinan lain atau berpikir atau mengajar sebaliknya. Adapun orang-orang yang berani baik untuk menulis kredo lain atau bahkan untuk menyebarluaskan atau mengajar atau menjatuhkan keyakinan lain bagi mereka yang ingin mengkonversi ke pengakuan kebenaran dari Hellenisme atau dari Yudaisme, atau dari segala bid'ah sama sekali: jika mereka menjadi uskup atau ulama, para uskup harus digulingkan dari keuskupan dan para ulama dari para ulama; jika mereka menjadi biarawan atau layfolk, mereka harus anathematised.
1
Kami telah dianggap benar bahwa kanon sampai saat dikeluarkan oleh ayah suci pada setiap sinode harus tetap berlaku.
2
Jika ada uskup melakukan pentahbisan untuk uang dan menempatkan anugerah tidak dapat dijual dijual, dan menahbiskan untuk uang uskup, sebuah chorepiscopus, presbiter atau diakon atau lain dari yang bernomor antara ulama;atau menunjuk seorang manajer, seorang petugas hukum atau sipir untuk uang, atau rohaniwan lain sama sekali untuk keuntungan kotor pribadi; menuntunnya yang telah berusaha ini dan telah dihukum berdiri untuk kehilangan peringkat pribadinya; dan membiarkan orang ditahbiskan keuntungan apa-apa dari pentahbisan atau janji dia telah membeli; tapi biarkan dia dikeluarkan dari martabat atau tanggung jawab yang ia punya untuk uang. Dan jika ada yang tampaknya telah bertindak bahkan sebagai perantara dalam transaksi tercela dan melanggar hukum seperti, biarkan dia juga, jika ia seorang ulama, diturunkan dari peringkat pribadinya, dan jika dia adalah orang awam atau seorang bhikkhu, biarkan dia akan anathematised.
3
Ia telah datang ke pemberitahuan dari sinode suci bahwa beberapa dari mereka yang terdaftar dalam ulama yang, untuk keuntungan kotor, bertindak sebagai manajer mempekerjakan properti orang lain, dan melibatkan diri dalam bisnis duniawi, mengabaikan pelayanan Allah, mengunjungi rumah-rumah orang duniawi dan mengambil alih penanganan properti dari ketamakan. Jadi sinode suci dan besar telah memutuskan bahwa di masa depan tidak ada, apakah seorang uskup, ulama atau seorang bhikkhu, harus baik mengelola properti atau melibatkan dirinya sebagai administrator bisnis duniawi, kecuali dia secara hukum dan mau tidak mau dipanggil untuk mengurus anak di bawah umur , atau uskup setempat menunjuk dia untuk hadir, dari takut akan Tuhan, untuk bisnis gerejawi atau untuk anak yatim dan janda unprovided dan orang-orang dengan kebutuhan khusus dari dukungan gerejawi. Jika di masa depan siapa pun mencoba untuk melanggar keputusan ini, ia harus dikenakan hukuman gerejawi.
4
Mereka yang benar-benar dan sungguh-sungguh menjalani kehidupan monastik harus diberikan pengakuan. Tapi karena ada beberapa yang don kebiasaan monastik dan mencampuri dengan gereja-gereja dan dalam hal sipil, dan beredar tanpa pandang bulu di kota-kota dan bahkan yang terlibat dalam mendirikan biara untuk diri mereka sendiri, telah memutuskan bahwa tidak ada yang membangun atau menemukan sebuah biara atau pidato di mana saja melawan kehendak uskup setempat; dan bahwa biksu dari masing-masing kota dan daerah yang menjadi subyek uskup, adalah untuk mendorong damai dan tenang, dan menghadiri semata-mata untuk puasa dan doa, tetap terpisah di tempat mereka.Mereka tidak meninggalkan biara-biara mereka sendiri dan mengganggu, atau mengambil bagian, dalam bisnis gerejawi atau sekuler kecuali mereka mungkin ditugaskan untuk melakukannya oleh uskup setempat karena beberapa kebutuhan mendesak. Tidak ada budak harus dibawa ke biara-biara untuk menjadi biarawan melawan kehendak tuannya sendiri. Kami telah menetapkan bahwa siapa pun yang melanggar keputusan ini kita harus dikucilkan, jangan sampai nama Allah dihujat. Namun, untuk uskup setempat untuk melaksanakan perawatan dan perhatian yang perlu biara-biara.
5
Dalam hal uskup atau ulama yang pindah dari kota ke kota, telah memutuskan bahwa kanon yang dikeluarkan oleh ayah suci mengenai mereka harus mempertahankan gaya yang tepat.
6
tidak ada, apakah pendeta atau diakon atau siapa pun sama sekali yang milik urutan gerejawi, adalah untuk ditahbiskan tanpa gelar, kecuali satu ditahbiskan secara khusus ditugaskan untuk sebuah gereja kota atau desa atau ke kuil seorang martir atau biara. Sinode suci telah menyatakan bahwa pentahbisan mereka ditahbiskan tanpa gelar adalah nol, dan bahwa mereka tidak dapat beroperasi di mana saja, karena praduga orang yang ditahbiskan mereka.
7
Kami keputusan bahwa mereka yang telah pernah bergabung dengan jajaran ulama atau telah menjadi biarawan tidak berangkat dari dinas militer atau untuk kantor sekuler. Mereka yang berani melakukan hal ini, dan tidak bertobat dan kembali kepada apa, Tuhan, mereka sebelumnya memilih, harus anathematised.
8
Ulama yang bertugas Almshouses dan biara-biara dan kuil martir 'yang, sesuai dengan tradisi nenek moyang suci, tetap berada di bawah yurisdiksi uskup di masing-masing kota. Mereka tidak menjadi degil dan memberontak terhadap uskup mereka sendiri. Mereka yang berani melanggar aturan semacam ini dengan cara apapun apapun, dan tidak taat kepada uskup mereka sendiri, yang, jika mereka ulama, untuk dikenakan hukuman kanonik; dan jika mereka biarawan atau layfolk mereka harus dibuat dikucilkan.
9
Jika ada ulama memiliki kasus untuk mengadukan seorang ulama, biarkan dia tidak meninggalkan uskup sendiri dan mengambil sendiri off ke pengadilan sekuler, tapi biarkan dia udara pertama masalah sebelum uskup sendiri, atau setidaknya, dengan izin dari uskup sendiri, sebelum orang-orang yang kedua belah pihak bersedia untuk melihat bertindak sebagai penengah dari gugatan mereka. Jika ada yang bertindak secara bertentangan, biarkan dia dikenakan hukuman kanonik. Jika ulama memiliki kasus untuk membawa baik terhadap sendiri atau melawan uskup lain, biarkan dia membawa kasus ini ke sinode provinsi. Jika seorang uskup atau ulama dalam sengketa dengan metropolitan provinsi yang sama, biarkan dia terlibat baik Exarch keuskupan atau lihat dari kekaisaran Konstantinopel, dan biarkan dia membawa kasusnya hadapannya.
10
Seorang ulama tidak diperbolehkan untuk diangkat ke gereja-gereja di dua kota sekaligus: untuk yang di mana ia awalnya ditahbiskan, dan satu lagi yang lebih penting yang ia memiliki betaken dirinya keluar dari keinginan untuk meningkatkan reputasi tak berdasar. Mereka yang melakukan hal ini adalah untuk dikirim kembali ke gereja mereka sendiri di mana mereka ditahbiskan di awal, dan hanya ada mereka untuk melayani. Tetapi jika beberapa telah ditransfer dari satu gereja ke gereja lain, mereka tidak mengambil bagian dalam salah satu urusan gereja mereka mantan, atau dari tempat suci para martir 'atau Almshouses atau penampungan yang datang di bawah itu. Sinode suci telah menyatakan bahwa mereka yang, setelah keputusan ini sinode besar dan universal ini, berani melakukan apa saja yang kini dilarang adalah kehilangan peringkat pribadi mereka.
11
Kami telah menetapkan bahwa, tunduk pada pemeriksaan, semua orang miskin dan orang yang membutuhkan adalah untuk bepergian dengan huruf gerejawi atau surat perdamaian saja, dan bukan dari pujian, karena layaknya orang hanya reputasi yang akan diberikan dengan surat pujian.
12
Ini telah menjadi perhatian kita bahwa, bertentangan dengan peraturan gerejawi, beberapa telah melakukan pendekatan kepada pihak berwenang sipil dan telah dibagi satu provinsi menjadi dua oleh mandat resmi, dengan hasil bahwa ada dua metropolitan di provinsi yang sama. Oleh karena itu Konsili suci menetapkan bahwa di masa depan tidak ada uskup harus berani melakukan hal seperti itu, karena ia yang mencoba berdiri untuk kehilangan stasiun tepat nya. tempat seperti telah dihormati oleh surat perintah kekaisaran dengan judul metropolis harus memperlakukannya hanya sebagai kehormatan, dan itu berlaku juga bagi uskup yang bertanggung jawab dari gereja di sana, tanpa prasangka tentu saja dengan hak yang tepat dari metropolis nyata .
13
ulama asing dan pembaca tanpa surat pujian dari uskup mereka sendiri benar-benar dilarang untuk melayani di kota lain.
14
Karena dalam pembaca provinsi tertentu dan cantors telah diizinkan untuk menikah, sinode suci menetapkan bahwa tidak satupun dari mereka diijinkan untuk menikahi istri dari pandangan bias. Jika mereka sehingga menikah telah memiliki anak, dan jika mereka telah memiliki anak-anak dibaptis antara bidah, mereka untuk membawa mereka ke dalam persekutuan dengan Gereja Katolik.Jika mereka belum dibaptis, mereka mungkin tidak lagi telah mereka dibaptis di antara bidah; atau memang menikah mereka ke sesat atau seorang Yahudi atau Yunani yang, kecuali tentu saja orang yang akan menikah dengan pihak ortodoks berjanji untuk mengkonversi ke iman ortodoks. Jika ada yang melanggar hukum Keputusan ini dari sinode suci, biarkan dia dikenakan hukuman kanonik.
15
Tidak ada wanita di bawah empat puluh tahun yang akan ditahbiskan diakon, dan kemudian hanya setelah pemeriksaan dekat. Jika setelah menerima penahbisan dan menghabiskan beberapa waktu di kementerian ia membenci rahmat Allah dan menikah, orang tersebut harus anathematised bersama dengan pasangannya.
16
Hal ini tidak diizinkan untuk perawan yang telah mendedikasikan dirinya untuk Tuhan Allah, atau juga untuk seorang bhikkhu, untuk kontrak pernikahan. Jika menemukan bahwa mereka telah melakukannya, biarkan mereka menjadi dibuat dikucilkan. Namun, kami telah menetapkan bahwa uskup setempat harus memiliki keleluasaan untuk menangani manusiawi dengan mereka.
17
Pedesaan atau negara paroki milik gereja yang tetap tegas terikat kepada para uskup yang memiliki kepemilikan dari mereka, dan terutama jika mereka terus-menerus dan damai diberikan mereka selama tiga puluh tahun. Namun, jika dalam tiga puluh tahun perselisihan tentang mereka telah muncul, atau harus muncul, orang-orang yang mengaku dianiaya diizinkan untuk membawa kasus ini sebelum sinode provinsi. Jika ada yang dirugikan oleh mereka sendiri metropolitan, biarkan kasus mereka dihakimi baik oleh Exarch dari keuskupan atau oleh lihat Konstantinopel, seperti yang telah dikatakan. Jika setiap kota telah baru didirikan, atau didirikan akhirat, oleh dekrit kaisar, biarkan susunan paroki gereja sesuai dengan peraturan sipil dan publik.
18
Kejahatan konspirasi atau asosiasi rahasia sepenuhnya dilarang bahkan oleh hukum negara; sehingga semua lebih baik adalah ini dilarang di jemaat Allah.Jadi jika ada ulama atau biarawan yang ditemukan baik membentuk sebuah konspirasi atau masyarakat rahasia atau menetas plot terhadap uskup atau sesama pendeta, biarkan mereka kehilangan peringkat pribadi mereka sepenuhnya.
19
Kami telah mendengar bahwa di provinsi sinode para uskup yang ditentukan oleh hukum kanon tidak terjadi, dan bahwa sebagai akibatnya banyak hal gerejawi yang perlu menempatkan kanan sedang diabaikan. Jadi sinode suci menetapkan bahwa sesuai dengan aturan dari ayah, para uskup di setiap provinsi yang ke foregather dua kali setahun di tempat yang disetujui oleh uskup metropolis dan menempatkan setiap hal-hal yang timbul dengan hak-hak. Uskup gagal untuk menghadiri yang menikmati kesehatan yang baik dan bebas dari segala keterlibatan dihindari dan perlu, tapi tinggal di rumah di kota-kota mereka sendiri, harus persaudaraan menegur.
20
Seperti yang telah kita ditetapkan, ulama yang melayani gereja tidak diizinkan untuk bergabung dengan gereja di kota lain, tetapi harus puas dengan satu di mana mereka awalnya berwenang untuk menteri, selain dari orang-orang yang telah mengungsi dari mereka sendiri negara dan telah dipaksa untuk pindah ke gereja lain. Jika setelah keputusan ini setiap uskup menerima seorang ulama yang milik uskup lain, itu menetapkan bahwa baik diterima dan penerima harus mengucilkan sampai saat ulama yang telah pindah kembali ke gereja sendiri.
21
Ulama atau layfolk yang membawa tuduhan terhadap uskup atau ulama tidak harus dirawat untuk membuat tuduhan mereka tanpa basa-basi lagi, dan sebelum pemeriksaan, tapi reputasi mereka pertama harus diselidiki.
22
Hal ini tidak diizinkan untuk ulama, menyusul kematian uskup mereka sendiri, untuk merebut hal-hal yang menjadi miliknya, seperti yang telah dilarang bahkan oleh kanon sebelumnya. Mereka yang melakukan risiko ini kehilangan peringkat pribadi mereka.
23
Ia telah datang ke pemberitahuan dari sinode suci yang ulama tertentu dan biarawan yang tidak memiliki pekerjaan dari uskup mereka sendiri dan kadang-kadang bahkan telah dikucilkan oleh dia, yang sering mengunjungi kekaisaran Konstantinopel dan menghabiskan waktu yang lama di sana menyebabkan gangguan, mengganggu pembentukan gerejawi dan merusak rumah-rumah penduduk. Jadi sinode suci menetapkan bahwa orang tersebut pertama yang diperingatkan oleh kejaksaan gereja Konstantinopel paling suci untuk keluar dari kota kekaisaran; dan jika mereka tanpa malu-malu bertahan dalam jenis yang sama dari perilaku, mereka harus diusir oleh kejaksaan sama bahkan bertentangan dengan keinginan mereka, dan dapat pergi sendiri ke tempat-tempat mereka sendiri.
24
Biara sekali ditahbiskan sesuai dengan kehendak uskup yang tetap biara lamanya, dan efek yang milik mereka dicadangkan ke biara, dan mereka tidak harus berubah menjadi hostelries sekuler. Mereka yang membiarkan ini terjadi adalah untuk dikenakan hukuman kanonik.
25
Menurut informasi kami, metropolitan tertentu mengabaikan ternak yang dipercayakan kepada mereka dan menunda pentahbisan uskup, sehingga sinode suci telah memutuskan bahwa penahbisan uskup harus dilakukan dalam waktu tiga bulan, kecuali periode keterlambatan telah menyebabkan menjadi diperpanjang oleh beberapa kebutuhan yang tidak dapat dihindari. Jika metropolitan gagal untuk melakukan hal ini, ia adalah untuk dikenakan hukuman gerejawi. Pendapatan dari gereja janda harus disimpan aman oleh administrator dari gereja mengatakan.
26
Menurut informasi kami, di beberapa gereja para uskup menangani bisnis gereja tanpa administrator; sehingga telah memutuskan bahwa setiap gereja yang memiliki uskup juga memiliki administrator, diambil dari ulama sendiri, untuk mengelola hal-hal gerejawi menurut pikiran uskup yang bersangkutan sehingga administrasi gereja mungkin tidak pergi diaudit, dan bahwa akibatnya properti gereja tidak tersebar dan keuskupan tidak terkena kritik serius. Jika ia tidak mematuhi ini, dia menjadi tunduk pada kanon ilahi.
27
Sinode suci menetapkan bahwa orang-orang yang membawa lari gadis di bawah dalih hidup bersama, atau yang kaki atau bekerja sama dengan orang-orang yang membawa lari yang kehilangan peringkat pribadi mereka jika mereka ulama, dan harus anathematised jika mereka biarawan atau layfolk.
28 [sebenarnya resolusi yang disahkan oleh dewan pada sidang ke-16 namunditolak oleh Paus]
Berikut dalam segala hal keputusan dari ayah suci dan mengakui kanon yang baru-baru ini dibacakan - kanon 150 uskup yang paling saleh yang berkumpul di masa Theodosius besar memori yang saleh, maka kaisar, di kekaisaran Konstantinopel, Roma baru - kami mengeluarkan dekrit dan resolusi mengenai hak prerogatif dari gereja yang paling suci Konstantinopel yang sama, Roma baru yang sama. Ayah benar diberikan hak prerogatif untuk lihat Roma lebih tua, karena itu adalah sebuah kota kekaisaran; dan pindah dengan tujuan yang sama 150 uskup yang paling taat dibagi prerogatif sama dengan tahta suci Roma baru, cukup menilai bahwa kota yang dihormati oleh kekuatan kekaisaran dan senat dan hak menikmati menyamai kekaisaran Roma yang lebih tua, juga harus diangkat ke tingkat nya dalam urusan gerejawi dan mengambil tempat kedua setelah dia. The metropolitan dari keuskupan dari Pontus, Asia dan Thrace, tapi hanya ini, serta para uskup dari keuskupan tersebut yang bekerja di kalangan non-Yunani, harus ditahbiskan oleh lihat yang paling suci tersebut di atas gereja yang paling suci di Konstantinopel. Artinya, setiap metropolitan dari keuskupan tersebut di atas bersama dengan para uskup dari provinsi menahbiskan uskup dari provinsi, seperti telah dinyatakan dalam kanon ilahi; tapi metropolitan dari keuskupan tersebut di atas, seperti yang telah dikatakan, yang akan ditahbiskan oleh Uskup Agung Konstantinopel, setelah kesepakatan telah dicapai oleh orang dalam cara yang biasa dan telah dilaporkan kepadanya.
29 [ekstrak dari menit dari sesi 19]
Para pejabat yang paling terkemuka dan terkenal bertanya: Apa sinode menyarankan suci dalam kasus para uskup yang ditahbiskan oleh paling Pendeta Uskup Photius dan dihapus oleh paling Pendeta Uskup Eustathius dan konsinyasi untuk menjadi imam setelah kalah keuskupan tersebut? Yang paling Pendeta Uskup Paschasinus dan Lucentius dan imam Bonifatius, perwakilan dari tahta apostolik Roma, menjawab: Ini adalah penghujatan untuk mengurangi uskup ke peringkat imam. Tapi jika penyebabnya apa pun yang ada untuk menghapus orang-orang dari pelaksanaan keuskupan hanya, mereka seharusnya tidak menempati posisi bahkan seorang imam. Dan jika mereka telah dihapus dari kantor dan tanpa kesalahan, mereka akan dikembalikan ke martabat uskup.Uskup Agung yang terhormat Konstantinopel, Anatolius, menjawab: Jika orang-orang yang dikatakan telah diturunkan dari martabat uskup ke peringkat imam telah dikutuk pada apa alasan yang kuat, mereka jelas tidak layak untuk memegang bahkan kantor imam . Tetapi jika mereka telah diturunkan ke peringkat yang lebih rendah tanpa alasan yang masuk akal, maka selama mereka terlihat tidak bersalah, mereka memiliki hak untuk melanjutkan martabat dan imamat keuskupan tersebut.
30 [ekstrak dari menit dari sesi 4]
Para pejabat yang paling terkemuka dan terkenal dan perakitan ditinggikan menyatakan: Sejak para uskup yang paling Pendeta Mesir memiliki hingga sekarang menunda berlangganan surat paling suci Uskup Agung Leo, bukan karena mereka bertentangan dengan iman Katolik, tetapi karena mereka mengklaim bahwa itu adalah adat di keuskupan Mesir untuk tidak melakukan hal-hal seperti yang bertentangan dengan kehendak dan ketetapan uskup Agung mereka, dan karena mereka menganggap mereka harus diberikan sampai penahbisan uskup masa depan kota besar Alexandria, kami pikir itu wajar dan manusiawi itu, mempertahankan peringkat mereka hadir di kota kekaisaran, mereka harus diberikan moratorium sampai saat seorang uskup agung dari kota besar Alexandria ditahbiskan. Kebanyakan Pendeta Uskup Paschasinus, wakil dari apostolik lihat, mengatakan: Jika otoritas Anda menuntut hal itu, dan Anda memesan beberapa ukuran kebaikan ditampilkan mereka, biarkan mereka memberikan jaminan bahwa mereka tidak akan meninggalkan kota ini sebelum Alexandria menerima uskup nya. Para pejabat yang paling terkemuka dan terkenal dan perakitan ditinggikan menjawab: Biarkan resolusi paling suci Uskup Paschasinus ditegakkan. Jadi biarkan para uskup yang paling Pendeta dari Mesir mempertahankan peringkat mereka saat ini dan, baik memberikan jaminan jika mereka bisa, atau menggadaikan diri pada sumpah, biarkan mereka menunggu penahbisan uskup masa depan kota besar Alexandria.


Sumber : http://www.imankatolik.or.id